Meski Jumlah Pengguna Menurun, Windows XP Tetap Populer

Angka pengguna Windows XP terus menunjukkan penurunan. Meskipun begitu, hal ini bukan berarti Windows XP telah mati.

Berdasarkan data yang didapat dari traffic web untuk OS untuk PC desktop di bulan Maret, Net Application menduga bahwa di antara seluruh pengguna PC Desktop di dunia, 16,9 persen di antara mereka masih menggunakan Windows XP. Angka ini merupakan penurunan jauh dibandingkan dengan jumlah pengguna XP di bulan Februari lalu, yang mencapai hingga 19,1 persen.

Meski jumlah pengguna Windows XP terus menurun, ia tetaplah berada di posisi kedua sebagai OS yang paling banyak digunakan masyarakat di seluruh dunia. Berdasarkan data yang dibuat Net Application, jumlah pengguna XP masih lebih banyak dari jumlah pengguna Windows 8, yang berjumlah 10,5 persen, dan Windows 8.1, yang berjumlah 3,5 persen.

Dan Windows 7 berada di posisi pertama dengan pengguna 58 persen. Popularitas Windows XP, yang telah berumur 13 tahun, menunjukkan betapa sulitnya bagi Microsoft untuk mendorong para penggunanya untuk menggunakan OS terbaru mereka. Windows XP tetap populer bahkan setelah Microsoft memutuskan untuk berhenti memberikan dukungan setahun lalu.

Pada musim panas tahun ini, Microsoft berencana untuk meluncurkan Windows 10, yang diharapkan akan lebih populer dari Windows 8. Dengan Windows 10, Microsoft ingin memberikan pengalaman yang konsisten saat seseorang menggunakan perangkat yang berbeda, baik PC desktop, laptop, smartphone atau bahkan gadget yang merupakan bagian dari Internet of Things.

Saat Windows 10 diluncurkan, Microsoft menawarkan upgrade gratis bagi pengguna Windows 7 dan Windows 8.1. (cnet)

ABE

Sumber : metrotvnews.com