Kanker usus besar ialah kanker yang cukup lama berkembang dan sangat jarang terdeteksi di awal. Dikarenakan oleh berbagai banyak faktor, kanker usus pun bisa dipicu pada saat Anda mengalami masalah buang air besar yang sebabkan iritasi yang berkepanjangan, seperti konstipasi atau sembelit.

Diutarakan oleh dokter dan konsultan bedah digestive dr Eko Priatno SpB-KBD, dari RS Pondok Indah-Puri Indah, seringnya seseorang mengalami kesulitan BAB yang disebut sembelit bisa memicu tumor atau kanker dengan dua cara, yaitu dengan menumpuk racun dan mengakibatkan iritasi usus.

“Disaat kita mengalami sembelit, maka kotoran akan disimpan lebih lama di usus. Kotoran itu akan berisi racun, jikalau tertahan terlalu lama, racun tersebut akan kembali diserap tubuh dan ini bisa memicu kanker,” jelasnya dalam diskusi media yang dilangsungkan di Jakarta..

Tapinya andai, Anda seringkali mengalami kesulitan BAB pun bisa menjadi gejala tumor atau kanker usus besar. Gejala ini akan spesifik muncul bilamana jaringan tumor atau kanker berada di usus besar menurun atau descending colon dan anus atau rektum, jelas dr Eko.

“Bagamanapun, juga faktor seperti kebiasaan makan daging merah, berat badan berlebih, kebiasaan merokok, usia di atas 50 tahun, dan riwayat keluarga dengan polip atau kanker kolon sangat berisiko besar sebabkan kanker usus,” tambahnya.