Banyak makanan Indonesia yang memiliki rasa pedas, ditambah lagi dengan beragam macam jenis sambal yang kaya akan cabai. Apabila anda adalah orang yang gemar mengasup makanan pedas, ada kabar baik yang bisa anda dapatkan dari kebiasaaan tersebut.

Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa seseorang yang memiliki kebiasaan mengasup makanan pedas, faktanya memiliki otak yang lebih cerdas dibandingkan dengan mereka yang tidak menyukainya. Pasalnya, makanan pedas mampu meningkatkan fungsi otak dan kesehatan sejumlah fungsi organ yang ada di dalam tubuh.

Mengasup makanan pedas mampu membuat otak cerdas karena cabai, utamanya adalah cabai merah mengandung senyawa apigenin yang mampu memperkuat syaraf pada otak dan merangsang korelasi antar sel-sel otak.

Dalam hal ini, otak akan lebih mudah menyerap, menyimpan, mengingat informasi dan menghindarkan seseorang dari resiko Alzheimer atau kepikunan. Lebih dari itu, cabai juga mengandung zat flavonoid yang berkhasiat untuk menyehatkan fungsi organ di dalam tubuh.

Tak hanya itu saja, cabai merupakan salah satu jenis buah yang didalamnya terkandung senyawa capsaicin yang berkhasiat untuk menyehatkan tubuh dan juga meningkatkan sistem imunitas tubuh. Seseorang yang gemar mengasup makanan pedas, resiko terserang kankernya lebih rendah.

Ketika sedang flu, anda yang mengasup semangkok bakso pedas juga bisa lebih cepat menyembuhkan penyakit tersebut. Akan tetapi, anda pun harus memperhatikan batasan-batasannya ketika mengkonsumsi makanan pedas. Pasalnya, jika anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas, sistem cerna anda bisa bermasalah. Untuk itu, anda boleh mengkonsumsinya, tapi tidak dengan jumlah yang berlebihan.