Ketika sedang memasak makanan di rumah, pastinya anda pernah merasa hidung gatal atau ingin bersin. Kerap kali, hal ini terjadi saat anda sedang memasak makanan yang pedas. Namun pernahkan anda bertanya-tanya mengapa hal ini dapat terjadi? Jika ya, inilah alasannya yang bisa anda ketahui.

Sejatinya, makanan pedas memiliki kandungan senyawa capsaicin yang memicu rasa pedas serta panas di bagian perut dan mulut apabila kita mengasupnya. Pada dasarnya, senyawa ini berperan sebagai bentuk perlindungan cabai terhadap seseorang yang hendak mengkonsumsinya sehingga tidak menghancurkan biji-bijian di dalamnya.

Hal inilah yang menjadikan rasa pedas dari cabai lebih banyak terkandung di dalam bijinya. Tak hanya itu, senyawa capsaicin juga punya sifat anti-fungal. Dalam hal ini, tidak hanya cabai saja yang memilikinya, melainkan juga daun bawang, wasabi, dan juga bawang merah.

Tak hanya menimbulkan sensasi terbakar pada mulut, senyawa ini juga mampu menstimulus membran mukus di hidung yang akan menjadikan hidung anda bereaksi gatal dan ingin bersin. Pada dasarnya, hal ini juga terjadi sebagai bentuk perlindungan dari tubuh anda terhadap benda-benda lain dari luar hidung.

Selain membuat hidung berair, namun senyawa capsaicin ini juga akan menjadikan mata berair. Saat terkontaminasi suhu panas ketika diolah, senyawa ini akan keluar dan bercampur dengan udara yang ada disekitar dan senyawa ini masuk ke dalam hidung.