Setelah melakukan perilisannya pada beberapa waktu yang lalu, produsen ponsel asal China, Xiaomi saat ini sudah mulai melego smartphone Redmi 3S secara global. Kabarnya, ponsel pintar tersebut dibanderol dengan harga $151 ata setara dengan Rp 2 juta.

Smartphone Xiaomi Redmi 3S hadir dengan disenjatai layar sentuh berukuran 5 inci dengan mengandalkan resolusi HD sebesar 1280 x 720 piksel dengan disokong oleh teknologi panel IPS (In-Plane Switching) yang mampu menghasilkan kerapatan layar hingga mencapai 294 piksel per inci.

Mengusung OS Android 5.1 Lollipop dengan antarmuka MIUI 7, smartphone ini hadir dengan mengandalkan memori RAM 2GB/3GB dan memori internal sebesar 16GB/32GB, yang disokong oleh slot microSD yang dapat diperluas kapasitas penyimpanannya menjadi 128GB. Namun sayang, perangkat ini mengusung slot hybrid yang apabila dual SIM menyala, slot microSDnya tidak dapat dipergunakan.

Apabila dibandingkan dengan para pesaingnya, salah satu kelebihan utama yang ditonjolkan perangkat ini adalah kehadiran sensor sidik jari yang tersemat pada casing belakangnya. Selain itu, Xiaomi Redmi 3S juga disokong dengan baterai berkapasitas 4100mAh guna memenuhi kebutuhan daya para penggunanya.

Berkat dipersenjatainya chipset Qualcomm Snapdragon 430, ponsel pintar ini menawarkan performa yang mumpuni di kelasnya, lengkap dengan prosesor octa-core ARM Cortex-A53 64-bit yang terdiri dari quad-core berkecepatan 1,4GHz dan quad-core berkecepatan 1,1GHz, serta didukung dengan pengolah grafis dari Adreno 505.

Di sektor kameranya, Smartphone Xiaomi Redmi 3S disenjatai oleh kamera belakang beresolusi 13 megapiksel yang mengandalkan teknologi phase-detection autofokus, aperture f/2.2, sensor Samsung S5K3L8, serta LED flash. Tak hanya itu, terbenam juga kamera depannya dengan resolusi sebesar 8 megapiksel yang mampu menghasilkan gambar berkualitas saat digunakan untuk foto selfie dan juga video call.