Peluang usaha kuliner memang masih berprospek gemilang. Tak jarang para pelaku usahanya yang menuai kesuksesan di bidang itu. Salah satunya seperti yang dialami oleh Basuki Rahmat. Ia sukses merintis bisnis mie pedas yang menggugah selera.

Berbekal pengalaman menjadi mitra tahu pedas, Basuki memutuskan untuk menggeluti bisnis mie pedas dengan mengusung nama Resto Mie Super Hot (SH) yang berlokasi di kawasan Cibinong, Bogor. Berdiri sejak tahun 2013, Resto Mie SH menawarkan beragam olahan mie yang memiliki 12 tingkat kepedasan yang dapat disesuaikan dengan selera dari setiap konsumennya.

Tidak hanya itu, Basuki juga menghadirkan beragam varian olahan mie yang tentunya menggugah selera setiap konsumennya, diantaranya seperti Mie Seafood Pedas, Mie Susu, Mie Hot Plate Barbeque, Mie Ayam Pedas, Mie Creami Keju Karbonara, Mie Ramen, dan Mie Pedas Original. Nah, untuk menu Mie Pedas Oroginalnya, konsumennya bisa menambahkan topping seperti pangsit, bakso, sosis, dan masih banyak lagi.

bisnis-mie-super-pedas

Menariknya, pada setiap varian menu mie yang ditawarkan di Resto Mie SH, Basuki menggunakan mie dengan jenis yang berbeda sehingga menghasilkan rasa yang berbeda. “Untuk penggunaan mienya sendiri, kami menggunakan mie yang berbeda dari setiap variannya. Ada mie yang kami buat sendiri, da nada juga yang kami beli dari luar,” tutur Basuki.

Tidak hanya menu mie pedas, Resto Mie SH juga menawarkan pilihan yang menarik agar tidak membuat para konsumennya merasa bosan dengan menu yang itu-itu saja. Berbagai menu lainnya yang disajikan seperti ayam sambal teri, ayam sambel pecel, nasi goren, ayam pecak segar, ayam cabe ijo, sampai ayam sambel bawang. Sejumlah menu tersebut memiliki sensasi pedas yang begitu menggugah selera.

Lantaran pangsa pasar dari usaha mie pedas ini adalah anak muda, untuk itu Basuki membanderol beragam menu makanannya dengan harga yang cukup terjangkau, yakni dikisaran Rp 11 ribu sampai Rp 18 ribu. Selain mengunggulkan kualitas rasa dari sejumlah menu yang ditawarkan, Basuki juga menawarkan kenyamanan kepada para konsumennya yang datang.

Kenyamanan tersebut bisa dilihat dari desain interior resto yang begitu nyaman, dimana di dalamnya terdapat tempat duduk dan lesehan. Para konsumennya pun bisa menikmati sensasi rasa mie pedas yang dipesan sambil ditemani dengan harmonisasi yang indah melalui live music yang ada.

Semakin berkembangnya bisnis Mie SH ini, Basuki pun memutuskan untuk membuka sistem kerja sama dengan dua pilihan paket investasi, yakni investasi sebesar Rp 45 juta untuk kerjasama hal usaha dan Rp 65 juta untuk kerjasama usaha penuh.

Yang menjadi pembeda dari kedua paket investasi ini ialah perlengkapan usaha yang diperoleh setiap mitranya. Bagi mereka yang memilih paket investasi sebesar Rp 65 juta maka akan memproleh semua keperluan usaha, sehingga mitranya hanya tinggal menjalankan usahanya saja. Sementara untuk yang investasi Rp 45 juta, setiap mitranya hanya akan mendapatkan hak usaha dan perlengkapan usahanya dipersiapkan sendiri oleh mitranya.

Dalam sistem kerjasama ini, setiap mitranya bakal diberikan pembinaan selama 1 bulan dan training karyawan. Basuki pun mewajibkan setiap mitranya untuk membayar royalty fee sebesar 2.5% dari omzet yang didapat. Selain itu, mereka juga diwajibkan untuk membeli bahan baku utamanya dari pihak pusat.

Berdasarkan pengalaman yang ada, setiap mitra Resto Mie Super Hot ini mampu mengalami balik modal selama 1 tahun, dengan asumsi penjualan setiap harinya sebanyak 80 sampai 100 porsi. Dengan penjualan tersebut, diperkirakan mitranya akan mendapatkan omzet sebesar Rp 3 hingga Rp 4 juta per bulannya.

Sampai saat ini, Resto Mie SH telah memiliki 4 cabang yang menyebar di beberapa kawasan seperti Banjarmasin, Cibubur, Cileungsi, dan Cilegon. Dalam waktu dekat ini, rencananya Basuki akan mendirikan cabang baru di kawasan Tambun, Bekasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here