Terong belanda merupakan salah satu jenis buah yang masih asing di telinga sebagian besar orang. Buah yang memiliki nama latin Solanum betaceum ini berbentuk menyerupai sebuah telur yang berasal dari daerah Andes Ekuador, Peru, Chile, Bolivia, dan Kolombia. Di sejumlah negara tersebut, jenis tanaman yang satu ini dibudidayakan di sejumlah perkebunan untuk di produksi. Tak hanya itu, buah ini merupakan jenis buah yang begitu popular disana.

Buah terong belanda memiliki karakteristik utama, yakni bisa dikenali dari aromanya yang unik dan berlainan dengan jenis buah yang lainnya. Tak hanya itu, jenis buah yang satu ini juga mempunyai rasa yang asam dan umumnya tidak diasup secara langsung, melainkan diolah menjadi minuman jus yang menyegarkan.

Selain memiliki rasa yang menyegarkan, terong belanda juga dikenal sebagai buah yang kaya akan khasiat dan manfaatnya. Manfaat terong belanda yang bisa kita dapatkan biasanya diolah dulu menjadi minuman jus. Dibawah ini adalah beberapa manfaat buah terong belanda untuk kesehatan yang perlu anda ketahui.

1. Meningkatkan sistem imun tubuh

Khasiat terong belanda bagi kesehatan yang dapat kita peroleh ialah mampu mendongkrak sistem imunitas di dalam tubuh. Pasalnya, jenis buah yang satu ini kaya akan kandungan vitamin C yang merupakan salah satu nutrisi penting bagi tubuh untuk mendongkrak serta menjaga daya tahan tubuh seseorang. Dengan daya tahan tubuh yang baik, maka anda tidak akan mudah terserang beragam macam penyakit yang mengancam.

2. Memelihara kesehatan mata

Tingginya kandungan vitamin A yang dimiliki terong belanda sangat krusial untuk meluputkan mata kita dari beragam masalah. Dengan mengasup jenis buah yang satu ini, maka mata anda akan terpelihara kesehatannya. Tak hanya itu, manfaat terong belanda juga berperan krusial untuk mencegah katarak serta meningkatkan penglihatan pada mata.

3. Mencegah Anemia

Manfaat terong belanda selanjutnya adalah mampu meluputkan tubuh anda dari anemia. Pasalnya, terong belanda kaya akan kandungan zat besi yang mampu menghindari anda dari adanya tanda-tanda anemia, seperti lemah, lelah, tidak bersemangat, letih, lemas, dan juga riskan terhadap serangan penyakit yang mengancam.

4. Memperlancar sistem pencernaan

Tak hanya mengandung vitamin A dan C yang tinggi, faktanya terong belanda juga kaya akan kandungan serat, sehingga mampu memperlancar sistem cerna di dalam tubuh anda. Dengan mengasup buah terong belanda dalam bentu jus, maka manfaat terong belanda yang akan anda dapatkan adalah melancarkan pencernaan dan menghindari resiko gangguan pencernaa, seperti diare dan juga sembelit.

5. Mengatasi Sariawan

Bagi anda yang mengalami sariawan dan panas dalam, hal tersebut dapat diluputkan dengan mengasup buah terong belanda yang diolah menjadi minuman jus yang menyegarkan. Di dalamnya, jenis buah yang satu ini kaya akan kandungan vitamin C sehingga mampu memenuhi asupan vitamin yang dibutuhkan tubuh dan menjadikan anda terhindar dari panas dalam dan sariawan.

6. Menguatkan tulang

Terong belanda juga miliki kandungan magnesium, mineral, potassium, serta fosfor yang mampu memperkuat tulang dan menunjang pertumbuhan tulan anda. Oleh karena itu, anda bisa mengasup buah ini secara rutin dan teratur sehingga manfaat terong belanda untuk tulang bisa anda peroleh.

7. Mencegah kanker

Manfaat terong belanda yang juga dapat kita peroleh apabila diasup secara rutin adalah mencegah kanker. Tentunya semua orang menyadari bahwa kanker merupakan suatu penyakit mematikan yang sangat menakutkan lantaran mampu menggerogoti seluruh organ di dalam tubuh manusia.

Untuk meluputkan diri anda dari penyakit ini, ada baiknya anda mengasup jus terong belanda secara rutin dan teratur. Di dalamnya, buah ini juga menyimpan senyawa likopen yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh.