Sejatinya, untuk mengobati batuk dan pilek tidak harus selalu mengasup obat-obatan berbahan kimia saja. Anda bisa memanfaatkan khasiat air putih hangat untuk menyingkirkan batuk dan pilek yang mengganggu rutinitas anda setiap harinya. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa minum air putih yang cukup ampuh mengatasi penyakit tersebut.

Prof Dr Ir Hardinsyah, seorang ahli gizi yang menyebutkan bahwa mengasup air putih yang cukup mampu menghambat atau memperlambat pertumbuhan bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh seseorang.

Akan tetapi, bagi anda yang mengidap batuk dan pilek, dianjurkan untuk mengasup air putih dalam kondisi masih hangat. Tak hanya mampu memperlambat kerja bakteri dan virus, hal ini juga mampu dijadikan sebagai peluru lender alami.

“Mengasup minuman yang hangat, utamanya air putih mampu melancarkan aliran lendir di dalam rongga hidung seseorang. Bahkan saat pilek, pernapasan akan menjadi lebih lega setelah meminumnya,” ujar Prof Hardin.

Tak  hanya itu, manfaat lainnya dari mengasup air putih hangat adalah meringankan hidung yang tersumbat dan meredakan efek bersin yang sejatinya selalu menyertai saat sedang pilek. Selain itu, batuk kering dan rasa gatal yang timbul pun dapat dihilangkan dengan mengasup air putih hangat.

Saat sedang batuk dan pilek, pastikan anda untuk tidak mengasup air es. “Sebaiknya, ketika sedang batuk dan pilek, hindarkan minum es dan perbanyak minum air putih hangat saja. Sebab, minuman dingin menjadikan tenggorokan anda semakin sakit,” pungkasnya.