yandex
Kesehatan

Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan Serta Beragam Kandungan Yang Dimilikinya

Salak dikenal sebagai salah satu jenis buah yang cocok diasup oleh mereka yang sedang menjalani program diet. Selain memiliki rasa yang manis, jenis buah yang bernama latin Salacca zalacca ini juga kaya akan manfaatnya untuk kesehatan.

Sekedar informasi, tanaman salak sebagian besarnya tumbuh secara liar di kawasan Jawa Barat dan Sumatera bagian Selatan. Tapinya, asal-usul dari buah ini belum diketahui. Selain di Indonesia, buah salak juga banyak dibudidayakan di negara Malaysia dan Thailand. Namun di negara tersebut, jenis buah yang satu ini lebih dikenal dengan nama snake fruit, lantaran kulit luarnya menyerupai sisik ular.

Manfaat buah salak untuk kesehatan sangatlah beragam. Di dalamnya, salak mengandung beragam nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Mengasup satu buah salak, maka tubuh akan mendapat asupan energy sebesar 368 kk, karbohidrat 90.3 g, kalsium 38 mg, zat besi 3.9 mg, protein 0.8 g, lemak 0.4 g, dan fosfor 31 mg. Tak hanya itu, salak juga mengandung vitamin C hingga 8.4 mg.

Dengan beragamnya kandungan nutrisi yang dimilikinya, manfaat mengasup buah salak tentunya sudah tak perlu diragukan lagi. Dibawah ini adalah beberapa manfaat buah salak bagi kesehatan yang perlu anda ketahui.

1. Menjaga kesehatan mata

Di dalamnya, salak juga kaya akan kandungan beta karoten yang sangat efektif untuk menyehatkan mata. Mengasup satu buah salak, kandungan beta karoten yang didapat akan lebih besar 5.5 kali dari semangka dan mangga. Oleh karena itu, jenis buah yang satu ini bisa menjadi alternative bagi anda yang tidak menyukai jus wortel.

2. Meningkatkan fungsi otak

Sebuah studi menyebutkan bahwa manfaat buah salak untuk kesehatan salah satunya ialah untuk mendongkrak kinerja otak berkat dimilikinya kandungan pektin dan potassium. Kandungan potassium yang dimiliki jenis buah yang satu ini sangat krusial untuk sistem saraf otonom yang berperan sebagai pengendali detak jantung, sehingga mampu meningkatkan kinerja otak serta proses fisiologi lainnya pada tubuh.

Berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan di Jurnal Integrative Cancer Therapies, disebutkan bahwa kandungan pektin memiliki khasiat untuk mencegah dan mentahirkan kanker prostat. Kandungan ini bekerja dengan cara menghambar produksi sel kanker dan mampu meminimalisir resiko apotopsis, yakni sel yang memprogram kematiannya sendiri.

3. Membantu keberhasilan diet

Manfaat buah salak untuk diet sudah banyak dimanfaatkan bagi sebagian besar wanita. Di dalamnya, jenis buah yang satu ini kaya akan kandungan serat, sehingga membuat anda yang mengasupnya merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Hal ini bertujuan untuk menghindari rasa ingin mengkonsumsi makanan dalam porsi besar.

4. Mencegah sembelit

Manfaat buah salak juga kerap dimanfaatkan oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia untuk mencegah sembelit. Menurut seorang ahli gizi dari RSUD dr Soetomo, F.X Wahyurin Mitano menyebutkan bahwa mengasup buah salak yang dianjurkan adalah tanpa membuang kulit arinya. Pasalnya, kulit ari tersebut terkandung serat yang tinggi untuk mencegah sembelit. Tak hanya itu, buah salak juga kaya akan kandungan tanin yang berperan sebagai zat anti-diare.

Meskipun ada banyak manfaat buah salak yang dapat diperoleh, tapinya anda juga perlu mewaspadai adanya efek dari jenis buah yang satu ini. Ada sebagian buah salak yang memiliki rasa sepat da nada juga yang manis. Nah, bagi anda penderita penyakit maag, tidak dianjurkan untuk mengasup buah salak yang sepat karena akan memperparah kondisi lambung anda.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button