Makan Bayam Bikin Otak Sebelas Tahun Lebih Muda

Jakarta: Jika bicara soal Popeye Si Pelaut, tentu kita akan diingatkan pada sekaleng bayam yang selalu dimakannya untuk menambah kekuatan tubuh.

Dalam kenyataannya, kekuatan bayam lebih dari sekadar itu. Belum lama ini, sekelompok peneliti dari Rush University di Chicago menemukan, bayam atau sejenis sayuran hijau ternyata mampu memperlambat proses penurunan kognitif terkait usia. Hal ini terkait manfaat vitamin K yang terdapat pada sayuran hijau.

Peneliti menganalisis 954 orang tua selama lima tahun. Mereka menemukan, orang yang makan satu atau dua porsi sayuran berdaun hijau setiap harinya memiliki kemampuan kognitif sebelas tahun lebih lebih muda daripada mereka yang tidak pernah mengonsumsi sayuran hijau.

Di luar bayam, sayuran seperti kangkung dan sawi ternyata juga efektif untuk memperlambat penuaan otak.

Para peneliti juga mengatakan, bahwa sayuran seperti kubis, wortel dan asparagus memiliki manfaat yang sama seperti sayuran hijau.

Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberi kontribusi untuk pencegahan penyakit Alzheimer yang jumlah pasiennya semakin banyak.

“Meningkatkan konsumsi sayuran hijau, menjadi cara sederhana dan terjangkau untuk melindungi otak Anda dari Alzheimer (kepikunan),” saran peneliti seperti dilansir Huffington Post, Senin (6/4/2015).

Hasil penelitian ini telah dipresentasikan pada Experimental Biology yang berlangsung 30 Maret lalu.
AWP

Sumber : metrotvnews.com