Makan 4 Butir Telur Seminggu, Turunkan Risiko Diabetes

Jakarta: Selain terkenal sebagai sumber protein, telur juga bisa menurunkan risiko diabetes.

Penelitian yang dilakukan University of Eastern Finland menyebutkan, konsumsi telur secara teratur mampu mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebanyak sepertiga persen.

Penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition itu menganalisis kebiasaan makan 2.332 pria berusia 42-60 tahun yang tercatat memiliki riwayat penyakit jantung.

Hasilnya, rutin makan empat telur dalam seminggu ternyata mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan menurunkan kadar glukosa darah.

Dalam rincian penelitian tersebut dijabarkan, pria yang mengonsumsi empat telur per minggu memiliki 37 persen risiko lebih rendah terserang diabetes tipe 2 daripada pria yang hanya makan satu telur per minggu.

“Telur memiliki sejumlah nutrisi bermanfaat yang mampu mengatur metabolisme glukosa dan mengatasi peradangan. Dengan demikian, mampu menurunkan risiko diabetes tipe 2,” ujar Jyrki Virtanen, profesor Epidemioligi Gizi Universitas Eastern, Finlandia, seperti dikutip Daily Mail, Senin (6/4/2015).

Selain itu, beberapa produk makanan yang mengandung susu seperti yoghurt juga menurunkan risiko diabetes tipe 2, meski tak seefektif telur.

Tahun lalu, para peneliti dari Cambridge University menemukan, mengonsumsi sebotol yoghurt sehari mampu mengurangi seperempat resiko terserang diabetes tipe 2.

Penelitian lain juga menyebutkan, mengonsumsi yoghurt dan keju rendah lemak bersama-sama dalam jumlah yang wajar, mampu menangkal risiko diabetes tipe 2 sebesar 24 persen selama periode 11 tahun.
ROS

Sumber : metrotvnews.com