yandex
Gaya Hidup

Luputkanlah Kebiasaan Buruk Ini Karena Bisa Jadi Penyebab Stres

Stress, sejatinya bisa melanda siapa saja, baik di usia muda maupun tua. Penyebab stsress sangat beragam, salah satunya munculnya problema dalam hidup yang sulit untuk diatasi. Tapinya, seringkali stress tidak disebabkan oleh adanya masalah saja, melainkan kebiasaan buruk yang kita lakukan setiap harinya.

Disadari atau tidak, kebiasaan buruk yang dilakukan setiap harinya juga bisa menjadi penyebab stress. Hal ini tidak dapat disepelekan begitu saja, sebab stress memiliki imbas yang buruk tuk kesehatan. Dengan demikian, kebiasaan buruk apa yang bisa memicu timbulnya stress? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Kegiatan multitasking tanpa adanya prioritas

Dalam kehidupan sehari-hari, kegiatan multitasking memang sangat krusial. Tapinya, anda pun harus tetap fokus agar tidak menjadikan anda kehabisan energi karena menghabiskan waktu untuk hal-hal yang tidak kunjung selesai. Misalnya, memasak sambil menyetrika baju.

Kedua hal ini sebenarnya tidak dapat dilakukan secara multitasking, karena masakan anda akan gosong dan baju yang disetrika bisa robek karena fokus anda terbagi dua. Kebiasaan buruk inilah yang tanpa disadari akan menjadikan anda stress.

2. Menyusun daftar pekerjaan terlalu banyak

Sejatinya, menyusun daftar pekerjaan sangat krusial dilakukan untuk mempermudah anda dalam menyelesaikannya. Tapinya, menyusun daftar pekerjaan yang terlalu panjang akan menjadi penyebab stress anda secara tidak langsung. Sebaiknya, prioritaskan dulu beberapa pekerjaan yang penting dan harus diselesaikan lebih dulu dalam satu hari. Hal ini akan membantu anda untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan sesuai dengan prioritasnya.

3. Memaksakan untuk mengingat semua hal tanpa dicatat

Salah satu kebiasaan yang menjadi penyebab stress adalah memaksakan diri untuk mengingat semua hal tanpa mencatatanya. Pasalnya, kapasitas otak manusia itu terbatas, sehingga banyak hal yang mudah terluputkan. Tentunya, hal ini dapat menjadikan anda pusing untuk berusaha mengingatnya kembali.

Untuk itu, apabila ada hal-hal yang sifatnya penting, sebaiknya anda mencatatatnya di sebuah kertas atau di smartphone anda. Apabila ada yang lupa, anda bisa dengan mudah mengingatnya berkat catatan tersebut. Tentunya hal ini akan menghindari anda dari stress.

4. Merespon pesan di smartphone dengan cepat

Saat ini, kebiasaan buruk yang sudah mendarah daging dari sebagian besar masyarakat adalah merespon pesan di smartphone dengan cepat, utamanya di akun media sosial. Sebagian besar orang selalu tertarik untuk melihat apa saja yang sedang mejadi topik utama di media sosial. Padahal sejatinya hal itu bukanlah suatu hal yang penting. Tanpa disadari, secara tidak langsung kebiasaan tersebut menjadi salah satu penyebab stress. Untuk itu, sebaiknya anda menentukan untuk merespon semua pesan di medsos paling tidak dua kali sehari, sehingga anda bisa lebih fokus dan konsentrasi untuk menyelesaikan semua pekerjaan anda.

5. Sering menunda pekerjaan

Kebiasaan buruk lainnya yang menjadi penyebab stress adalah sering menunda pekerjaan. Untuk itu, sebaiknya ada memebiasakan diri untuk menyelesaikan pekerjaan dengan segera dan jangan menundanya karena hal itu akan menimbulkan rasa malas.

6. Terlalu fokus dan kurang istirahat

Apabila pekerjaan yang hendak dibereskan tidak berjalan sesuai dengan harapan, sebaiknya luangkan waktu anda sejenak untuk beristirahat atau mengerjakan pekerjaan lainnya yang lebih mudah. Apabila anda tetap berskukuh untuk mengerjakan pekerjaan yang sama namun tidak berjalan dengan baik, maka hal ini akan menjadikan konsentrasi dan tenaga anda terkuras. Sebaiknya, lakukan hal lain yang lebih menyenangkan dan bereskan pekerjaan yang sudah tertunda usai kondisi anda lebih baik.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button