Motor andalan negara Amerika Serikat “Harley Davidson” akan memunculkan jenis motor baru yang akan menjadi unggulan mereka di masa depan. LiveWire rencananya akan dipasarkan oleh Harley Davidson 2021 dengan mengunakan tenaga lisrik.

Walaupun bukan menjadi perusahaan sepeda motor pertama yang memajukannya, tapinya “Harley Davidson” sudah mengutarakan persiapannya meladeni tantangan pasar dunia sepeda motor masa depan yang telah mengggunakan tenaga listrik.

Seperti yang diberitakan dari speedweks pada hari Kamis kemarin, Harley Davidson mengklaim sepeda motor berenergi listriknya akan diriliskan pada lima tahun ke depan.

Saat ini, LiveWire terus dites produsen Harley Davidson, terutamanya melakukan peningkatan dari “kekuatan baterai” yang akan digunakan. Saat ini saja, prototipe Harley Davidson berenergi listrik baru mampu mencapai jarak 80 kilometer, ditargetkan tenaga baterai mampu tempuh 160 km.

Saat ini motor LiveWire belum dipasarkan tapinya bertempat dalam masa “percobaan” di mana motor ini berada dalam masa mendapatkan masukan dari para pengendara Harley untuk peningkatan dan perbaikan produk sebelum dipasarkan.

Sesungguhnya LiveWire sudah siap berkendara, malahan performanya pun oke punya yaitu dapat mencapai kecepatan 92 mil per jam dan dapat berakselerasi dari 0 ke 60 mil / jam dalam 4 detik saja. Tapi jarak tempuh dari sepeda motor ini belum lah terlalu jauh, hanya 55 mil dalam penggunaan mode economy dan sejauh 33 mil dalam mode power. Untuk mengisi batere Livewire ini diperlukan waktu 3.5 jam.

Menurut kritikan pengendara yang pernah menjajali LiveWire, bisa dikatakan motor ini nyaman untuk dikendarai bahkan sangat mudah untuk menggunakannya. Tanpa perlu susah-susah menaik-turunkan gigi.

Tapinya di balik kehebatan dan modelnya yang keren, LiveWire memiliki tantangan untuk menarik para pengendara Harley yaitu dalam hal “suara”. Karena motor ini adalah jenis motor listrik maka suara yang dihasilkan tentu sangat minim, tapi justru ini yang membuat para penyuka Harley bisa berpikir dua kali untuk membelinya. Pasalnya para pencinta Harley sangat menyukai suara menggelegar Harley.

Lainnya dari itu, para produsen Harley Davidson saat ini juga tengah meningkatkan baterai berenergi “jumbo”, tapinya memiliki dimensi kecil. Hal ini bertujuan untuk menempatkan baterai pada ruang ideal sepeda motor.