Ketika anak anda mengalami radang tenggorokan, banyak orang tua yang membeli obat-obatan di apotek untuk mengatasinya. Sebenarnya, ada cara yang lebih mudah untuk meluputkan masalah tersebut, yakni dengan memanfaatkan obat radang tenggorokan alami yang lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping.

Masalah radang tenggorokan pada anak memang sering dialami, oleh karena itu anda sebagai orang tua harus memahami cara mengobati radang tenggorokan pada anak. Pasalnya, gangguan kesehatan pada anak ini sangat mengganggu aktivitasnya si anak. Bahkan kondisi ini dapat menjadikan nafsu makan anak anda menjadi menurun. Alhasil, asupan kebutuhan nutrisi anak sulit terpenuhi dengan baik.

Lumrahnya, penyakit ini diakibatkan oleh oleh infeksi virus. Meskipun dapat diatasi dengan menggunakan obat-obatan yang beli di apotek, namun obat sakit tenggorokan alami lebih mujarab khasiatnya. Untuk itu, anda bisa mencoba memberikan obat dari bahan-bahan alami yang cukup ampu untuk mengatasinya.

Tapinya tak jarang anak-anak yang lebih menyukai obat batuk sirup yang rasanya lebih manis jika dibandingkan dengan obat tradisional. Meski demikian, tidak ada salahnya jika anda mencobanya. Berikut ini adalah 5 cara alami untuk meluputkan radang tenggorokan pada anak.

1. Madu

Obat radang tenggorokan alami untuk anak yang dapat dimanfaatkan adalah madu. Rasanya yang manis akan disukai oleh anak-anak. Jenis obat alami yang satu ini dapat meluputkan sakit tenggorokan pada anak anda serta meredakan batuk yang dialaminya. Dalam penggunaannya, anda bisa mencampurkan madu dengan lemon sebagai minuman hangat yang menyehatkan. Namun pastikan juga agar anak anda tidak jajan sembarangan di luar, karena zat-zat kimia yang terkandung di dalamnya akan mengurangi manfaat dari madu itu sendiri.

2. Sup ayam yang hangat

Sejatinya, sayuran merupakan salah satu makanan terpenting bagi anak anda agar dapat memenuhi kebutuhan gizi serta nutrisi hariannya. Tapi ternyata, mengasup sup ayam dalam kondisi hangat yang di dalamnya terdiri dari sayuran dan daging ayam dapat menyembuhkan radang tenggorokan pada anak.

Ketika mengasup sup ayam, maka virus-virus penyebab radang tenggorokan akan terluputkan. Pasalnya daging ayam mengandung asam amino yang mampu menjalani peran tersebut, termasuk juga mengencerkan lendisr serta menangani rasa sakit pada tenggorokan.

3. Air garam

Layaknya pada orang dewasa, radang tenggorokan pada anak juga dapat diluputkan dengan memanfaatkan air garam. Caranya mudah, yakni hanya dengan berkumur. Untuk itu, bagi anda setiap orang tua sangat penting untuk mengajarkan kepada anak anda bagaimana caranya berkumur. Berkumur menggunakan air garam juga dapat berperan untuk mengencerkan lendir serta meredakan sakit pada tenggorokan.

4. Teh Krisan

Teh krisan merupakan salah satu jenis obat herbal yang ampuh meluputkan sakit tenggorokan pada anak. Tidak hanya mampu mengatasi radang, jenis teh yang satu ini mampu mendongkrak sistem kekebalan di dalam tubuh. Perlu anda ketahui, teh krisan terbuat dari bunga krisan yang kering dan satu cangkir air panas. Apabila rasanya tidak manis, campurkanlah dengan tambahan madu.

5. Uap air panas

Untuk meluputkan masalah radang tenggorokan pada anak, anda bisa mengatasinya dengan cara alami dan sederhana, yakni menggunakan uap air panas. Rebuslah air hingga mendidih, kemudian tuangkan air tersebut ke dalam sebuah mangkok. Letakan wajah anak anda di atas mangkok tersebut dan mintalah anak anda untuk menghirup udara panasnya lewat mulut anda. Lakukan cara ini hingga 10 menit.