Pada beberapa waktu yang lalu, sempat mencuat sebuah kabar yang menyebutkan bahwa Lenovo tengah melakukan sebuah acara penggalangan dana bertajuk Taobao untuk kamera surveilans 1080p miliknya, yang diluncurkan dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan Xiaomi Yi 2. Smart kamera bernama Lenovo Snowman itu dilego dengan harga $30 atau setara dengan Rp 410 ribu.

Kamera ini hadir dengan desain yang sedikit menyamakan droid BB 8 yang kita lihat dalam film bertajuk Star Wars : The Force Awakens. Hal ini mengartikan bahwa kamera tersebut dapat dibuat seimbang pada permukaan bola magnetik.

Mengusung permukaan yang bulat, menjadikan penggunanya mampu memindahkan perangkat tersebut di sekitar dalam lingkaran, tepatnya 360 derajat walaupun secara manual. Kamera ini juga bisa anda pasang pada dinding rumah anda.

Lenovo Snowman disokong dengan perekam video yang memiliki resolusi 1080P pada 15fps. Sudut pandang horisontalnya seluas 110 derajat, sementara sudut pandang diagonalnya seluar 140 derajat. Lebih dari itu, kamera ini juga dibekali dengan kartu microSD yang memungkinan para penggunanya untuk menyimpan data maksimal sebesar 128GB.

Perangkat ini juga disenjatai dengan beragam fitur lainnya seperti RAM 64MB, ROM 16MB, pendeteksi gerakan, peringatan telepon, sensor 2MP, 2 jalur audio, perekam otomatis, serta fitur sensor penglihatan saat malam hari. Kamera ini juga mempunya input daya sebesar 5V 1.5A dan mendukung jaringan WiFi.

Dalam ajang penggalangan dana tersebut, Lenovo Snowman dijual dengan harga miring, yaitu $30 saja. Akan tetapi, saat sudah memasuki pasar, harganya meningkat menjadi $44 atau setara dengan Rp 600 ribu.