Resmi dirilis pada bulan September 2016, smartphone Lenovo P2 diperkenalkan dalam ajang IFA 2016 yang dihelat di Berlin, Jerman. Jika dibandingkan dengan pendahulunya, ponsel pintar ini hadir dengan beragam spesifikasi dan fitur yang lebih berkualitas.

Lenovo P2 hadir dengan balutan layar sentuh berdimensi 5.5 inci yang mempunyai resolusi Full HD 1080 x 1920 pixels dan didukung oleh teknologi Super Amoled Display yang menjadikan layar ponsel ini tampak begitu jernih dan tajam. Tak hanya itu, berkat teknologi ini, layar perangkat ini mampu menghasilkan kerapatan mencapai 401 ppi.

Dibalut dengan bodi berbahan metal, smartphone ini dirancang dengan dimensi panjang 163mm, tebal 8.5mm, dan lebar 76mm. Sementara untuk beratnya, perangkat ini mempunyai bobot sebesar 177 gram sehingga akan berasa cukup berat ketika mengoperasikannya dengan satu tangan saja. Bobot smartphone ini semakin besar lantaran dibenami baterai berkapasita 5.100 mAh yang menjadi unggulan dari Lenovo P2.

Bagi anda para pecinta game, bermain game menggunakan ponsel ini akan sangat mengesankan berkat ditenagainya dengan chipset Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625 yang mempunyai performa yang powerfull dan bertenaga. Pasalnya, chipset tersebut telah didukung dengan prosesor Octa Core 2.0 Ghz Cortex-A53 yang dikolaborasikan dengan pengolah grafis yang mumpuni dari Adreno 506.

Mengusung sistem android Marshmallow, Lenovo P2 dilego dengan harga yang cukup mahal dan bervariatif, sesuai dengan kapasitas RAM dan memori internal yang diusungnya. Dalam hal ini, Lenovo menghadirkannya dalam 3 varian, yakni RAM 3GB dan memori internal 32GB, RAM 3GB dan memori internal 64GB, serta RAM 4GB dan memori internal 64GB. Dengan demikian, bagi anda yang meminatinya bisa memilih smartphone ini sesuai dengan kebutuhan anda.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Lenovo P2 ini disenjatai dengan baterai berkapasitas 5.100 mAh, lengkap dengan dukungan fitur Fast Battery charging yang dapat mengisi daya ponsel ini secara full hanya dalam waktu 2 jam saja. Tidak hanya itu, dibekali juga fitur Fingerprint Sensor yang disematkan pada sisi belakang ponsel ini.

Untuk memenuhi kebutuhan penggunanya untuk menjelajah dunia maya, Lenovo P2 dibenami jaringan 3G HSPA dan 4G LTE. Lebih dari itu, tersemat juga fitur konektivitas lainnya seperti teknologi Wi-Fi Dual Band, navigasi GPS, dan Bluetooth v4.1. Menariknya lagi, smartphone ini juga dibekali dengan fitur NFC yang belum pernah dimiliki ponsel buatan Lenovo. Namun sayang, Lenovo belum membekalinya dengan port USB Type-C dan baru sebatas port MicroUSB 2.0 yang disokong oleh fitur USB-OTG.

Di sektor fotografinya, Lenovo P2 disenjatai dengan kamera depan berkekuatan 5 megapiksel. Jika dibandingkan dengan pendahulunya, Lenovo membekalinya dengan kamera depan beresolusi 8 megapiksel yang otomatis lebih mumpuni ketika digunakan untuk foto selfie dan video call. Kamera depan yang dimiliki smartphone ini memang standar, dan memang Lenovo lebih mengunggulkan di sektor baterainya untuk memikat minat konsumen.

Sementara untuk kamera belakangnya, Lenovo P2 dibenami dengan kamera berkekuatan 13 megapksel, lengkap dengan dukungan fitur Phase Detection Autofocus dan kemampuan untuk merekam video beresolusi 4K. Lebih dari itu, kamera utama ponsel ini juga didukung oleh fitur PDAF yang menjadikan bidikan objeknya lebih tajam dan jernih. Tersedia pula fitur Dual Tone LED Flash untuk mengoptimalkan pencahayaannya ketika mengabadikan momen di kondisi cahaya yang kurang terang.

Untuk harga Lenovo P2 sendiri, smartphone ini dibanderol dengan harga dari 249 Euro hingga 299 Euro, yang apabila dirupiahkan, anda harus merogoh kocek senilai Rp 3 juta.