Lakukan Rutinitas Ini Sebelum Mulai Kerja

DUAKALI.COM – Rutinitas pagi hari di rumah dan perjalanan bisa membuat pikiran sering dipenuhi dengan kepanikan yang menimbulkan rasa tidak tenang.
Apalagi ditambah dengan bayangan dari beban pekerjaan yang akan dikerjakan hari ini. Tahukah kamu bahwa otak pun butuh istirahat sebelum melakukan aktivitas yang baru?

Upayakanlah untuk datang lebih awal ke kantor lalu lakukan rutinitas ini selama beberapa menit sebelum mulai bekerja.

1.Rapikan Meja Kerja
Tata semua perlengkapan kerja yang akan dibutuhkan sepanjang hari ini dengan rapi dan teratur.
Meja kerja yang rapi dapat menghemat waktu sehingga tak perlu mencari lagi saat membutuhkan gunting, stabilo, sticky note, dan sebagainya.

2.Silent-kan Handphone
Meskipun tampaknya sepele, dering HP bisa mengganggu konsentrasi saat bekerja. Jadi lebih baik ubah nada panggil menjadi silent, agar tak terlalu mengagetkanmu saat kerja.
Jika perlu, pasang status Busy pada beberapa messenger yang digunakan saat masih tenggelam dalam tumpukan pekerjaan.

3.Evaluasi Kerjaan Kemarin
Melihat-lihat file atau dokumen yang sudah dikerjakan di hari sebelumnya dapat membantumu mengerjakan pekerjaan di hari ini dengan lebih baik.
Jadikan kesalahan atau kesuksesan di hari yang lalu sebagai pelajaran untuk memperbaiki kinerja hari-hari berikutnya.

4.Susun Daftar Kerja Hari Ini
Tulislah di lembaran sticky note, segala hal yang harus dikerjakan hari ini secara garis besar, lalu tempelkan di tempat yang mudah terlihat misalnya di bawah layar monitor, di tembok depan tempat dudukmu, dan sebagainya.

Jika tidak ingin tulisanmu dibaca orang lain, atau lembaran sticky note tidak bisa memuat semua tugasmu, manfaatkan buku agenda untuk menulis kegiatanmu secara detail. Semua ini akan membuat rutinitas pekerjaan anda jadi lebih menyenangkan.