Kulit kering merupakan suatu kondisi dimana kulit mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, sehingga menjadikan kulit mudah terkelupas dan bersisik. Bagi sebagian besar orang, kondisi tersebut tentunya akan membuat seseorang tidak pede dalam beraktivitas. Bahkan, kulit yang kering juga akan mempercepat penuaan. Pasalnya, kondisi kulit wajah yang mengering akan membuat seseorang tampak lebih tua dari usia sesungguhnya.

Tak hanya dipicu oleh kurangnya cairan, masalah kulit kering juga dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari secara langsung. Memang masalah kulit yang satu ini sangat lumrah dialami oleh setiap orang, utamanya saat cuaca sedang panas. Tapinya, kondisi kulit yang seperti jika dibiarkan begitu saja tanpa ada upaya mengatasinya, maka kulit menjadi tidak sehat sehingga justru sulit untuk teratasi.

Membahas terkait kulit kering, ada beragam cara mengatasi kulit kering yang bisa anda praktekan untuk mengembalikan kelembaban kulit anda. Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Penuhi kebutuhan cairan

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kulit yang kering dapat dipicu oleh kurangnya cairan pada kulit. Untuk meluputkan masalah tersebut, anda perlu memenuhi kebutuhan cairan yang diperlukan oleh tubuh. Dengan cara tersebut, maka kulit akan kembali terjaga kelembabannya dan masalah kulit kering dapat dilenyapkan. Dalam hal ini, anda direkomendasikan untuk mengasup buah dan sayuran, serta perbanyak minum air putih.

2. Mengatur gaya hidup yang sehat

Pola hidup juga sangat mempengaruhi masalah kulit wajah. Salah satu cara agar kulit tidak kering dan masalah kulit lainnya bisa terluputkan, ialah dengan mengatur kembali pola hidup anda dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini, Anda dianjurkan untuk menghindari begadang, mengasup kopi berlebih, perbanyak konsumsi sayuran dan buah, serta menghindari makanan yang berlemak. Sebisa mungkin, hindari juga tubuh anda dari paparan sinar matahari langsung yang bisa merusak kulit anda.

3. Melakukan perawatan kulit kering

Untuk meluputkan masalah kulit yang kering pada wajah, Anda bisa melakukan perawatan menggunakan masker wajah alami. Dengan memanfaatkan masker alami ini, maka kulit wajah anda akan ternutrisi dan menjadikan kulit kembali cantik. Ada beragam bahan alami yang dapat dimanfaatkan, yakni seperti masker bengkoang, madu, lemon, minyak zaitun, pisang, timun, dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, sebaiknya lakukan perawatan ini 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

4. Gunakan pelembab

Masalah kulit kering juga dapat diluputkan apabila anda rajin menggunakan pelembab sebelum melakukan aktivitas ke luar rumah. Dengan menggunakan pelembab, maka kulit akan ternutrisi dengan baik, sehingga masalah kulit yang kering bisa teratasi. Sebaiknya anda menggunakan pelembab untuk kulit kering ini ketika berada di luar maupun di dalam ruangan, utamanya di ruangan ber-AC.

5. Hentikan kebiasaan merokok

Tak hanya mampu membahayakan kesehatan paru-paru saja, faktanya kebiasaan merokok juga dapat menjadikan kulit anda kering. Sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard University telah membuktikan bahwa asap rokok mampu melenyapkan kelembaban kulit sehingga menjadikan kulit tampak kering, pecah-pecah dan juga kusam.

6. Berolahraga secara rutin

Sebuah studi menyebutkan bahwa hampir 50% orang yang mengalami kulit kering adalah mereka yang jarang sekali berolahraga. Sejatinya, keringat yang keluar ketika olahraga sangat baik untuk menjaga kelembaban kulit secara alami. Dalam hal ini, jenis olahraga yang anda lakukan tidak harus berat-berat. Cukup dengan yoga, jogging, ataupun jalan sehat setiap harinya. Tidak hanya mampu menyehatkan tubuh saja, cara ini juga akan menjadikan kulit anda lembab dan terjaga kesehatannya.