Saat sedang dilanda flu, tentunya sebagian besar dari kita akan mengalami hidung tersumbat. Kondisi ini pastinya akan sangat mengganggu setiap aktivitas kita setiap harinya, apalagi bagi mereka yang setiap harinya harus bertemu dengan kolega-kolega atau rekan kerja.

Kondisi hidung tersumbat seringkali disertai dengan beberapa gejala lainnya seperti batuk, demam, pusing, dan tubuh menjadi tidak fit. Meski kelihatannya hanya masalah sederhana, tapinya kondisi ini sangatlah tidak nyaman dan mengganggu aktivitas setiap hari.

Untuk meluputkan dan mengatasi hidung tersumbat, anda bisa menggunakan cara-cara alami yang lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping. Cara alami ini diklaim terbukti keampuhannya sebagai obat hidung tersumbat. Nah, dibawah ini adalah beberapa cara yang dapat dipraktekan untuk menghilangkan masalah hidung yang tersumbat.

1. Memperbanyak konsumsi cairan

Salah satu cara mengobati hidung tersumbat yang dapat anda lakukan adalah memperbanyak konsumsi cairan. Hal ini mampu memperlancar sistem peredaran darah serta melebarkan pembuluh darah pada rongga hidung sehingga mampu meluputkan masalah hidung yang tersumbat. Dengan meningkatkan konsumsi air mineral, tubuh juga akan menjadi kebal sehingga bisa melenyapkan kuman, bakteri, radikal bebas, dan lain sebagainya.

2. Mengubah posisi kepala saat tidur

Untuk anda yang sedang mengalami hidung tersumbat, anda bisa meluputkan masalah tersebut dengan meninggikan posisi kepala saat anda tidur, yakni dengan meletakkan beberapa bantal, sehingga posisinya lebih tinggi. Cara ini mampu memperlancar pernapasan anda dan menjadikan masalah hidung yang tersumbat menjadi lebih membaik. Tak hanya itu, tubuh anda pun akan menjadi nyaman dan rileks, sehingga mampu memaksimalkan kualitas tidur anda di malam hari.

3. Konsumsi makanan pedas

Ketika anda mengalami hidung tersumbat, cobalah untuk mengasup makanan pedas yang efektif untuk mengatasinya. Dengan mengkonsumsi makanan pedas, maka pembuluh darah pada hidung anda akan melebar dan lendir yang ada di dalamnya menjadi encer. Tubuh anda pun akan mengeluarkan keringat yang menunjukkan jika tubuh anda menjadi lebih enak dan proses penyembuhan pun akan semakin cepat.

Beberapa jenis makanan pedas yang bisa diasup untuk mengatasi masalah hidung yang tersumbat seperti soto, sup ayam, ataupun bakso. Baiknya, makanan tersebut juga diasup selama masih hangat. Tapinya, bagi anda yang mempunyai penyakit maag, sebaiknya jangan menggunakan sambel terlalu banyak, yang terpenting makanan tersebut menimbulkan sensasi hangat di dalam tubuh anda.

4. Jeruk Hangat

Cara meluputkan hidung yang tersumbat lainnya adalah dengan memanfaatkan minuman jeruk hangat. Dalam hal ini, jeruk yang bisa anda gunakan adalah jeruk nipis dan lemon. Kedua jeruk ini menyimpan kandungan vitamin C yang tinggi, sehingga mampu meningkatkan metabolisme di dalam tubuh sehingga hidung yang tersumbat akan segera teratasi. Cara pembuatannya pun sangat mudah, anda hanya perlu memeras jeruk lemon untuk mendapatkan airnya dan campurkan menggunakan air hangat. Tambahkan sedikit madu agar rasanya lebih manis dan minumlah selagi masih hangat.

5. Menggunakan uap air

Untuk meluputkan masalah hidung yang tersumbat, anda juga dapat memanfaatkan uap air panas. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu memasak air hingga mendidih, lalu masukkan ke dalam wadah. Campurkan dengan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalamnya, kemudian dekatkan pada bagian wajah anda dan hirup uapnya supaya masuk ke bagian rongga hidung. Cara ini akan membuat hidung anda menjadi lega dan masalah hidung yang tersumbat akakn segera teratasi.