TRENDING NEWS

Monday, Apr 22 2019

Lima Situs Live Score Online Terbaik yang Wajib Kamu Gunakan

Lahan Makin Sulit, REI Sebut Tidak Gampang Tekan Angka Backlog

2516 2516

April 13, 2016

Real Estate Indonesia (REI) Jawa Tengah mengutarakan tak gampang menekan angka “backlog” maupun kebutuhan perumahan sederhana di Jateng sebab terkendala oleh sulitnya memperoleh lahan.

“Tuk memperoleh lahan yang harganya serasi dengan harga jual rumah sederhana itu enggak mudah,” tutur Wakil Ketua REI Jawa Tengah Bidang Perumahan Sederhana Andi Kurniawan di Semarang.

Terlebih lagi didaerah kota-kota besar, lahan dengan harga yang rendah telah tidak lagi dapat diperoleh dengan mudah. Bahkan, pada saat ini buat Kota Semarang hanya ada satu pengembang yang masih membangun rumah sederhana yakni Wisata Hati yang berada di Kecamatan Genuk.

Untuk diketahui, disaat sekarang ini angka backlog rumah sederhana di seluruh Indonesia mencapai 13 juta unit. 10% diantaranya khusus backlog di Jawa Tengah.

“Kami sendiri pun merasai, dalam menekan angka backlog ini sulit karena antara produksi dengan permintaan tidak seimbang. Di satu sisi produksi terhambat salah satunya karena lahan tetapi di sisi lain permintaan terus mengalir dari masyarakat,” katanya.

Selain lahan, yang jadi hambatan lainnya, tuk pembangunan rumah sederhana ini salah satunya ialah masalah regulasi perizinan. Penilaian dia, yang menyulitkan ialah Perda Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di setiap kabupaten/kota tidak seragam.

“Masing-masing daerah ini punyai kebijakan sendiri, ada yang gampang ada juga yang agak-agak rumit. Ini tentunya menyulitkan para pengembang,” katanya.

Semisal, ada daerah yang mematok buat pengurusan IMB sebesar Rp2,5 juta per unit, padahal idealnya ialah Rp200 ribu-Rp500 ribu per unit.

Terkait dengan hal itu, disaat sekarang ini pihaknya mengharapkan adanya dukungan dari Pemerintah Daerah. Dengan adanya keseragaman regulasi, pihaknya akan lebih mudah buat memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang jadi segmentasi pasar dari rumah sederhana ini.

Tags

Related Articles

Internasional

2516 2516

March 26, 2015

Bertolak ke Nagoya, Jokowi akan Sambangi Pabrik Toyota

Tokyo: Kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Tokyo telah berakhir. Namun, ia masih akan mengunjungi wilayah lain di Jepang yakni Nagoya. Dijadwalkan presiden Jokowi akan berkunjung ke pabrik perusahaan otomotif, Toyota. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu bertolak menuju Nagoya menggunakan kereta api. Presiden beserta rombongan akan menggunakan kereta jalur Shinkanzen Nozomi 311 ke Nagoya. […]

Read More

Nasional

2516 2516

November 12, 2014

Pemerintah Masih Menghitung Besaran Relokasi Dana Subsidi BBM untuk Infrastruktur

Pemerintah dipastikan akan menaikan biaya bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi pada bulan ini. Subsidi BBM, rencananya akan dialokasikan untuk kegiatan yang lebih produktif, seperti pembangunan infrastruktur. Saat ini, pemerintah tengah menghitung relokasi anggaran hasil subsidi BBM yg akan digunakan utk pembangunan infrastruktur. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Andrinof, Rabu 12 November 2014, memastikan bahwa […]

Read More

Otomotif

2516 2516

April 23, 2015

Kia Harap GIIAS 2015 Punya Efek Besar di Industri Otomotif Nasional

Jakarta: Ketika melakukan pertemuan di event gathering perdana PT Kia Mobil Indonesia (KMI) beberapa waktu lalu, produsen mobil asal Korea itu dengan tegas berharap di pameran resmi GAIKINDO tahun ini. Pameran yang bertitel GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015, berbuah hasil manis pada industri otomotif nasional. Harapan KMI tentunya bukan hanya asumsi semata, lantaran […]

Read More

Comments (1)

...
Media heading
Cras sit amet nibh libero, in gravida nulla. Nulla vel metus scelerisque ante sollicitudin. Cras purus odio, vestibulum in vulputate at, tempus viverra turpis. Fusce condimentum nunc ac nisi vulputate fringilla. Donec lacinia congue felis in faucibus.
...
Media heading
Cras sit amet nibh libero, in gravida nulla. Nulla vel metus scelerisque ante sollicitudin. Cras purus odio, vestibulum in vulputate at, tempus viverra turpis. Fusce condimentum nunc ac nisi vulputate fringilla. Donec lacinia congue felis in faucibus.

Leave a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.