yandex
Kesehatan

Ladies, Inilah 7 Cara Tepat Tuk Mencegah Stroke

Sejatinya, penyakit stroke bisa melanda siapa pun. Tidak hanya pria, wanita pun bisa mengalaminya meski mereka tidak memiliki kebiasaan merokok dan jarang berolahraga yang merupakan penyebab stroke yang paling utama. Bahkan, berdasarkan penelitian yang ada, wanita berisiko mengalami stroke dua kali lipat lebih besar daripada pria.

Penyebab stroke sangat beragam, bisa disebabkan oleh penyakit hipertensi, diabetes, jantung, mengasup minuman beralkohol, merokok, obesitas, kurang olahraga, dan pola makan yang kurang sehat. Ladies, cara terbaik yang dapat dilakukan dalam hal ini adalah mencegah stroke sejak dini. Dibawah ini adalah beberapa cara mencegah stroke yang patut anda ketahui.

1. Tidur 7 sampai 8 jam/ hari

Untuk mencegah stroke, milikilah waktu tidur yang berkualitas, yakni 7 sampai 8 jam per harinya. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa seseorang akan mempunyai 2 kali lebih besar risiko stroke, jantung, dan diabetes jika waktu tidurnya kurang dari 7 jam per harinya.

2. Berjalan 20 menit/hari

Saat ini, tak sedikit masyarakat di Indonesia yang mulai meluputkan kebiasaan berjalan dan lebih meninginkan untuk berkendara. Namun, bagi anda yang ingin mencegah stroke, luangkanlah waktu anda untuk berjalan kaki mulai dari sekarang, paling tidak 20 menit setiap harinya.

3. Mengatasi migrain secara alami

Ladies, biasanya migrain sering didera oleh anda dan hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa risiko stroke lebih besar dialami wanita apabila dibandingkan dengan pria. Mengapa demikian? Sebab terjadi fluktuasi hormon di dalam tubuh serta obat pereda migrain yang diasup dapat meningkatkan resiko stroke.

Dengan begitu, bagi anda yang ingin mencegah stroke, ada baiknya memanfaatkan cara yang lebih alami untuk mengatasi migrain, yakni dengan mengasup makanan yang lebih sehat dan mampu mengatasi stres.

4. Mengkonsumsi ubi jalar

Ubi jalar merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan kandungan kalium. Membiasakan diri untuk mengasup ubi jalar yang mengandung nutrisi tinggi juga ampuh untuk mencegah risiko stroke sampai 20 persen.

5. Memasak dengan minyak zaitun

Minyak zaitun sudah lama diyakini sebagai minyak yang ampuh untuk mengurangi risiko jantung, yang memicu terjadinya stroke. Sebuah studi yang dilakukan di Prancis dengan melibatkan 7.600 orang yang sudah berusia 65 tahun keatas. Dalam studi tersebut menunjukkan bahwa setiap orang yang punya kebiasaan menggunakan minyak zaitun mampu menurunkan risiko stroke mencapai 40 persen.

Anda dapat memanfaatkan minyak ini untuk memasak makanan, seperti untuk menumis, menggoreng bahkan untuk memanggang makanan. Tak hanya itu, anda juga bisa mencampurkan beberapa tetes minyak zaitun ke dalam salad yang akan menjadikan tubuh anda sehat.

6. Kelola Emosi

Sebuah penelitian yang dilakukan seperti yang dilansir dalam Journal Hypertension menunjukan bahwa orang-orang yang agresif dan emosian mempunyai risiko stroke lebih tinggi. Dalam penelitian tersebut membuktikan bahwa mereka yang mudah marah memiliki risiko penebalan arteri yang lebih besar pada leher apabila dibandingkan dengan mereka yang lebih sabar. Penebalan arteri inilah yang menjadi pemicu timbulnya stroke. Oleh karena itu, anda harus mengelola emosi sebaik mungkin untuk mencegah stroke.

7. Perhatikan detak jantung

Perlu kita ketahui, kondisi detak jantung yang tidak normal sejatinya dibarengi dengan adanya nyeri di bagian dada dan sesak napas yang dapat memicu risiko stroke 5 kali lipat. Jika hal ini terjadi pada anda, segeralah periksakan diri ke dokter sehingga risiko stroke dapat segera teratasi.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button