Ladies, memang saat sedang haid, kerap kali muncul rasa nyeri pada bagian perut dan badan menjadi pegal-pegal, sehingga membuat rutinitas kita terhambat. Bahkan tak sedikit wanita yang sampai pingsan karena harus menahan sakit akibat dari haid yang datang setiap bulannya. Sejatinya, rasa nyeri yang timbul saat menstruasi memang merupaka suatu hal yang normal lantaran terjadi peluruhan pada endometrium atau dinging Rahim.

Selain itu, nyeri ketika sedang menstruasi juga dipicu oleh hormon Prostaglandin yang dihasilkan ketika haid datang dan kemampuan untuk mengatasinya pun berlainan. Untuk mengatasi rasa nyeri tersebut, anda direkomendasikan untuk tidak mengasup makanan-makanan yang menghambat menstruasi anda. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang harus anda hindari selama menstruasi.

1. Coklat

Coklat merupakan salah satu jenis makanan yang harus dihindari selama menstruasi, Ladies. Pasalnya, coklat mengandung kafein yang tinggi sehingga dapat memperparah nyeri ketika haid datang. Selagi haid, usahakan untuk tidak mengasup cokelat walaupun jenis makanan yang satu ini diyakini mampu mengatasi mood yang buruk ketika sedang PMS.

2. Kopi dan Teh

Sama halnya dengan coklat, minuman kopi dan teh juga mengandung kafein. Apabila anda meminumnya, maka akan terjadi penyempitan pembuluh darah sehingga tubuh menjadi dehidrasi. Tak hanya itu, mengasup minuman kopi ataupun teh juga akan membuat anda pusing dan gugup.

3. Produk olahan susu

Sebuah studi menyebutkan bahwa produk olahan susu seperti mentega, susu, keju, dan yoghurt yang kandungan asam arakidonatnya tinggi merupakan salah satu zat utama yang dapat memperparah nyeri anda ketika mestruasi.

4. Daging merah

Ketika sedang menstruasi, sebaiknya anda menghindari untuk mengasup daging merah. Pasalnya, beberapa studi membuktikan bahwa jenis makanan yang satu ini mampu memicu kram ketika sedang haid. Zat utama dalam daging yang menyebabkan sakit menstruasi salah satunya adalah asam arakidonat.

makanan-yang-harus-dihindari-ketika-haid

5. Makanan yang kandungan gulanya tinggi

Permen dan minuman bersoda merupakan makanan tidak boleh diasup secara berlebihan ketika sedang menstruasi. Pasalnya, makanan ini mampu meningkatkan kadar gula di dalam darah sehingga mempengaruhi emosi anda. Hal ini tentunya akan menjadikan anda lebih mudah tersinggung dan badan terasa lemas.

6. Makanan yang dipanggang

Agar sakit haid anda tidak semakin parah, sebaiknya tidak mengasup makanan yang diolah dengan cara di panggang. Karena, makanan yang dipanggang ini mempunyai lemak trans yang tinggi, sehingga mampu meningkatkan kandungan estrogen di dalam tubuh yang memicu kram pada Rahim anda.

7. Makanan yang digoreng

Selain makanan panggangan, ketika anda sedang haid juga dilarang untuk mengasup makanan yang digoren. Pasalnya, makanan yang diproses dengan minyak mengandung lemak yang tinggi sehigga bisa meningkatkan kandungan estrogen di dalam tubuh. Dengan begitu, beragam jenis makanan seperti kentang goreng, gorengan, fried chicken, onion ring, dan lain sebagainya wajib anda hindari.

Dengan tidak mengasup makanan yang digoreng, maka kondisi Rahim anda akan jauh lebih stabil dan dapat meminimalisir terjadinya nyeri atau kram pada Rahim anda. Selagi masa menstruasi, anda bisa mengolah makanan dengan cara dikukus maupun di rebus.

8. Biji-bijian yang udah diolah

Biji-bijian yang sudah diolah seperti nasi putih, roti gandum, dan ketan hitam akan hilang kandungan nutrisi yang dimilikinya. Dengan begitu, maka kandungan gula di dalam darah anda akan menjadi labil sehingga dapat menyebabkan nyeri dank ram saat sedang menstruasi.

Ladies, saat sedang menstruasi, anda dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih, mengasup sayuran, dan buah yang sehat agar rasa sakit yang timbul akibat haid dapat teratasi. Dengan demikian, anda tetap bisa menjalani aktivitas anda setiap harinya tanpa harus terganggu oleh rasa nyeri.