Tidak hanya berimbas negatif terhadap kesehatan, kurang minum juga ternyata mampu membuat program diet anda menjadi tak berhasil. Inilah beberapa alasan kenapa kurang minum menjadi penghalang keberhasilan pogram penurunan berat badan.

1. Meningkatkan rasa lapar

Tatkala tubuh anda mulai dehidrasi, kerapkali tubuh mentransfer sinyal yang meragukan antara lapar ataupun haus, sehingga memicu hasrat yang besat untuk memakan sesuatu atau ngemil. Untuk itu, saat anda terus-terusan merasa lapar, minumlah air dalam jumlah yang lebih banyak.

2. Metabolisme terhambat akibat tubuh kurang air

Meminum air kurang dari 2 liter setiap harinya, terutama jika anda tidak menyukai buah dan sayur yang menyimpan banyak air, potensi tubuh untuk membersihkan kotoran serta detoksifikasi menjadi terhalang.

Tidak hanya itu, hal tersebut juga berimbas pada melemahnya metabolisme, sehingga kalori yang terbakar di dalam tubuh tidak optimal. Sebuah study menyatakan bahwa hanya meminum 1/2 liter air mampu tingkatkan pertukaran zat di dalam tubuh mencapai 30 persen.

3. Merasa cepat lelah ketika beraktivitas

Seorang pakar kesehatan menyatakan bahwa kekurangan minum air tidak hanya menjadikan tubuh cepat capek , melainkan juga berimbas pada psikologis seseorang, yakni menjadi kurang bergairah dan berdampak pada penurunan kesehatan.

Tak hanya itu, kondisi yang demikian juga bisa memicu rasa enggan bekerja atau bergerak, atau menjadikan waktu olahraga anda berkurang karena tubuh mudah loyo. Hal ini pun menyulutkan kalori yang terbakar di dalam tubuh anda menjadi sedikit. Tentunya, kurang gerak akibat rasa malas itu membuat berat badan anda sukar untuk turun.