Popularitas Isyana Sarasvati di industri musik Tanah Air memang sudah tak perlu diragukan lagi. Karirnya yang kian gemilan membuat wanita berusia 23 tahun itu semakin dipadati dengan jadwal manggung, baik on air maupun off air. Selain itu, ia pun kerap kali muncul di layar kaca lantaran membintangi sejumlah brand maupun produk ternama.

Nama Isyana Sarasvati mulai dikenal di kalangan publik sejak ia resmi merilis singlenya yang berjudul ‘Keep Being You’. Kemampuannya dalam memainkan piano semakin menjadikan banyak orang kagum dan mengidolakannya. Karena, di Indonesia sangat jarang dijumpai solois yang mempunyai kemampuan untuk memainkan instrument sepertinya.

Sebelum namanya menuai popularitas di industri musik Indonesia, penyanyi kelahiran Bandung, 2 Mei 1993 itu memang sering kali membuat cover lagu dan diunggahnya melalui media sosial. Dalam cover lagunya itu, Isyana benar-benar serius menggarap lagu tersebut yang disertai dengan beragam improvisasi, sehingga menjadikan banyak orang terkagum-kagum padanya.

Beberapa judul lagu yang sukses di covernya dengan baik adalah ‘Be Alright’ (Ariana Grande), ‘Rather Be’ (Clean Bandit), ‘Naughty Boy’ (La la la ft Sam Smith), ‘Treasure’ (Bruno Mars), ‘Say Something’ (A Great Big World ft Christina Aguilera), dan juga ‘I Will Fly’ (ten2five).

isyana-sarasvati-karir

Selain miliki kemampuan bernyanyi dan bermain alat musik, Isyana Sarasvati rupanya juga jago menciptakan lagu. Dalam album perdananya yang bertajuk ‘Explore’, 9 dari 10 lagu yang ada di dalamnya merupakan hasil ciptaannya sendiri dan saat ini begitu popular di kalangan masyarakat, seperti Mimpi, Tetap Dalam Jiwa, All Over Me, dan Keep Being You.

Berkat kemampuannya itu, Isyana sukses memperoleh penghargaan sebagai Female Singer of The Year & Album of The Year dalam penghelatan Indonesian Choice Awards. Selain itu, Isyana pun terpilih sebagai salah satu bintang di sebuah konser yang berjudul Gloria! Nafa Orchestra & Chorus Gala Concert yang diselenggarakan di Singapura. Tak heran jika penyanyi cantik yang satu ini banyak diidolakan di kalangan masyarakat.

Isyana Sarasvati juga dikenal sebagai salah satu penyanyi pendatang baru yang berhasil menorehkan beragam penghargaan yang membanggakan. Berkat karyanya dalam bermusik, Isyana juga mendapatkan sebuah penghargaan Hak Cipta dan Hak Terkait yang diberikan oleh Anugerah Kekayaan Intelektual Nasional.

Pada tahun 2016 ini, Isyana Sarasvati juga sukses merebut dua penghargaan dalam penghelatan ajang AMI Awards 2016, yakni sebagai Duo Solo Kolaborasi terbaik dan album Rnb soul terbaik. Meski senang mendapatkan penghargaan tersebut, rupanya Isyana juga merasa terbebani.
Menurutnya, dengan penghargaan yang didapatnya itu, harapan yang diberikan masyarakat kepadanya akan semakin besar.

“Apabila kita mendapatkan penghargaan, tentunya harapan masyarakat akan semakin besar. Aku pun jadi sedikit tegang. Terima kasih kepada semua orang yang telah mendukungku. Aku ga nyangka bisa mendapatkannya. Semoga ke depannya bisa lebih baik lagi,” ujarnya.

Setelah mencapai kesuksesan di industri musik, Isyana Sarasvati mulai terjun ke dunia akting. Hal ini dibuktikannya melalui sebuah film yang bertajuk ‘Ranah 3 Warna’, dimana film ini diadaptasi dari sebuah novel karya Ahmad Fuadi. Dalam film tersebut, Isyana dipertemukan dengan aktor yang lebih senior darinya, yakni Dimas Aditya.

Bagi pelantun lagu ‘Di Batas Waktu’ itu, dunia akting bukanlah suatu hal yang awam. Pasalnya, Isyana Sarasvati pernah belajar berakting ketika ia mengenyam pendidikan di Nanyang Academy of Fine Arts, Singapura. Namun saat itu, ia lebih dominan mempelajari seni opera.