Bagi produsen otomotif asal Austria ini, KTM, E-Speed skuter matik bukanlah produk anyar. Pasalnya, bila berlandaskan pada sejarahnya, motor KTM sempat memproduksi produk scooter pada tahun 1950 silam.

Seperti yang dikutip Bikez, pasca Austria mengalami masa kemerdekaan ekonomi, saat itu Kronreif & Trunkenpolz, Mattighofen (KTM) mengambil keputusan untuk memproduksi motor jenis skuter.

Kala itu, KTM menamai motor skuter perdananya itu dengan nama Mirabell, nama dari objek wisata di Salzburg, Mirabell Place. Memang, motor skuter yang diproduksi KTM sangat berlainan jika dibandingkan dengan skuter lainnya, yakni fendernya lebih menyatu dengan bagian bodinya.

Selain itu, KTM juga menghadirkan dua motor pedal seperti KTM Ponny De Luxe dan KTM Mecky yang berhasil diminati konsumennya di Jerman yang sukses terlego sebanyak 14.000 unit, bahkan jumlah produksinya mencapai 40.000 unit.

Sekedar informasi, pada tahun 1934, nama KTM sebelumnya adalah Kraftfahrzeug Trunkenpolz Mattighofen. Namun, semenjak penyandangan dana Ernst Kronreif berkolaborasi, maka diubah namanya menjadi Kronreif Trunkenpolz Mattighofen.

Ciri-ciri dari KTM Mirabell adalah elegan, dinamis, indah dipandang meski jika dilihat dari sudut masa kini, motor ini tampak terlihat kuno dan ketinggalan zaman. Kala itu, motor skuter KTM dilego dengan label ‘automobile scooters’.

Motor tersebut disenjatai dengan mesin milik KTM Tourist 125cc dan mampu menghasilkan akselerasi 3-percepatan. Dapur pacu yang dihasilkan motor ini adalah 6 hp. Lantaran dirancang dengan lubang corong udara pendingin yang minim, KTM Mirabel dibekali dengan kipas yang disematkan pada Dynastaternya.