Kota Dijual Seharga Rp 3,4 Miliar

DUAKALI.COM – Sebuah kota kecil di Amerika Serikat kembali dilelang untuk umum. Kota kecil di wilayah South Dakota tersebut dilelang dengan harga yang lebih murah dari sebelumnya. Kota yang dinamakan Swett tersebut terletak di sebelah barat daya South Dakota. Kota ini dijual dengan harga yang lebih murah setelah sepi peminat.

Swett adalah kota dengan luas sekitar 6 hektare dan diisi dengan sebuah rumah kosong yang terkenal angker dan bar yang tertutup. Kota yang dijuluki kota hantu tersebut pertama kali dijual ke pasaran pada Juni 2014 dengan harga US$ 399 ribu (Rp 5,5 miliar).

Agen real estate, Stacie Montgomery, kemudian menjajakan kembali kota yang terletak di sebelah tenggara Rapid City ke bursa pelelangan dengan harga yang diturunkan menjadi US$ 250 ribu (Rp 3,4 miliar).

Pembeli menambah biaya sedikit untuk renovasi terhadap bangunan serta pembersihan pada lingkungannya, seperti saluran air dan tiga rumah mobil, serta truk rongsokan yang telah dibuang. Menurut Montgomery, di antara mereka yang menunjukkan minat membeli kota hantu tersebut adalah orang-orang yang ingin menjadi wali kota dan rumah produksi reality show.

Montgomery mengatakan, dia sudah mendapat penawaran dari seorang pria Nebraska yang ingin membawa 2.000 wanita dari Rusia dan 600 penjahat, serta membangun rumah dan menyalakan kamera secara nonstop.

Montgomery masih menerima telepon dari beberapa orang untuk menanyakan tentang kota tersebut, termasuk dari Cina, Australia, dan Timur Tengah. “Sudah satu setengah tahun, dan orang-orang masih ingin tahu tentang Swett,” kata Montgomery, seperti yang dilansir Emirates247, Selasa, 1 Desember 2015.

Swett bukan satu-satunya kota di daerah South Dakota yang dilelang dalam beberapa tahun terakhir. Pada 2011, sebuah gereja yang berbasis di Filipina membeli sebagian besar kota Scenic dengan harga US$ 700 ribu (Rp 9,6 miliar).