Korban Tewas Gempa Nepal Bertambah Jadi 5.057 Orang

Kathmandu: Jumlah korban tewas musibah gempa bumi dahsyat 7,8 Skala Richter (SR) di Nepal kembali melonjak tajam dari kisaran 4.000 ke 5.000 jiwa.

“Korban tewas meningkat menjadi 5.057 orang,” ucap perwakilan Pusat Operasi Darurat Nasional Nepal, seperti dikutip AAP, Selasa (28/4/2015) malam.

Sementara 10.915 warga Nepal terluka akibat tertimpa reruntuhan bangunan, dan 454.769 lainnya kehilangan tempat tinggal.

Sebelumnya, Perdana Menteri Nepal Sushil Koirala, angka kematian akibat tragedi ini dapat mencapai 10 ribu jiwa.

“Pemerintah melakukan semua yang dapat dilakukan untuk operasi penyelamatan dan bantuan,” tutur Koirala dalam sebuah wawancara dengan Reuters. “Ini merupakan sebuah tantangan yang sangat berat bagi Nepal.

“Korban tewas dapat terus meningkat hingga 10 ribu karena informasi dari desa-desa terpencil yang terkena gempa bumi belum masuk,” kata Koirala.

Sejumlah ahli kegempaan menyebut daratan Kathmandu diduga sudah bergeser sekitar tiga meter. Ini diperkirakan berdasarkan data seismologi dari gelombang suara yang merambat di lapisan tanah setelah gempa.

Berbagai negara asing dan organisasi internasional sudah mulai berdatangan untuk membantu korban Nepal. Upaya mereka terhambat keterbatasan akses bandara dan belum pulihnya jaringan listrik serta komunikasi.
WIL

Sumber : metrotvnews.com