Kontingen Sea Games Indonesia Dipangkas hingga 56 Atlet

Jakarta: Sebanyak 56 atlet Indonesia yang saat ini mengikuti pemusatan latihan (TC) untuk Sea Games 2015 sudah pasti gagal berangkat. Hal ini dikarenakan kuota yang diperlukan tidak mencukupi dan Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) hanya memilih atlet yang pasti meraih medali.

“Jumlah atlet yang masuk kontingen Indonesia disesuaikan dengan atlet yang
diproyeksikan menghasilkan medali, baik emas, perak, maupun perunggu,” kata
Ketua Satlak Prima, Suwarno seperti dikutip tim media Satlak Prima di Jakarta, Rabu (25/3/2015).

Hingga awal Maret 2015, jumlah atlet pelatnas SEA Games berjumlah 556 orang. Jumlah tersebut masih terlalu banyak mengingat Komite Olimpiade Indonesia (KOI) hanya melakukan pendaftaran “entry by name” pada akhir Maret lalu dengan jumlah 500 orang. Dengan demikian, artinya bakal ada pengurangan 56 atlet dari seluruh cabang yang akan diberangkatkan.

Beberapa cabang yang bakal terkena penciutan atlet tersebut diantaranya adalah balap sepeda (11 atlet), rowing (31 atlet), dan tinju (1 atlet).

Meski demikian, jelas Suwarno, atlet pelatnas yang namanya tidak masuk
kontingen SEA Games 2015 akan tetap berkesempatan melanjutkan pelatnas untuk kegiatan “multi-event” berikutnya. Di antaranya, Sea Games 2017 atau Asian Games 2018.

Dengan kekuatan 500 atlet untuk Sea Games 2015, Suwarno kontingen Indonesia mampu memenuhi target, yakni meraih 47 hingga 70 medali emas. (ANT)

KAU

Sumber : metrotvnews.com