Semua orang tentunya mengingini panjang umur dan terbebas dari sejumlah penyakit yang menyeramkan, seperti kanker, diabetes atapun jantung. Namun, hal ini tidak akan anda peroleh jika tida merealisasikan gaya hidup sehat.

Para ahli mengungkapkan bahwa umur panjang bisa kita dapatkan dengan memperbanyak konsumsi kudapan yang kaya akan kandungan serat. Tidak hanya itu, makan kudapan berserat juga memastikan seseorang terhalau dari resiko terjangkitnya penyakit kanker, stroke, diabetes dan juga jantung.

Seorang ahli penelitian dari Shanghai Cancer Institute di China bernama Yang Yang menyebutkan bahwa kudapan kaya akan serat sangat krusial untuk kesehatan. Manfaatnya adalah menjamin seseorang terhalau dari penyakit berbahaya seperti jantung, kanker, dan diabetes.

Tak hanya itu, Yang juga mengujarkan bahwa santapan yang kaya akan kandungan serat ini juga akan membuat seseorang jadi cepat lapar. Dengan begitu, makanan yang adan makan tidak berlebihan dan sesuai dengan porsinya.

“Kendati memakan kudapan yang kaya serat begitu baik dan mampu membuat panjang umur, namun sayang sekali sampai saat ini masih saja banyak orang yang tidak merealisasikannya. Wanita dan pria, setiap harinya mereka membutuhkan serat sebanyak 25 gram dan pria 38 gram,” tandasnya.

Senada dengan Yang Yang, Dr Bamini Gopinath dari The Westmead Institute for Medical Research di Australia pun menuturkan bahwa memakan kudapan kaya serat mampu menjadikan tubuh lebih sehat, pikiran tenang, dan usia lebih panjang umur. Untuk mendapatkannya, nutrisi ini sangat mudah ditemukan, yakni dari buah-buahan dan sayuran hijau.

“Berpatokan pada penelitian yang dilakukan, kami menyimpulkan bahwa mereka yang tiap harinya menyantap kudapan berserat, usianya akan lebih panjang 80 pesen atau 10 tahun jika diperbandingkan dengan mereka yang jarang atau bahkan tidak pernah mengkonsumsinya,” jelas Dr Bamini.

Mengingat betapa krusialnya manfaat dari makanan berserat, yuk mulai sekarang kita biasakan diri untuk mengkonsumsinya dengan porsi yang cukup. Yang perlu diingat adalah selain rutin makan kudapan berserat, kita juga perlu merealisasikan gaya hidup sehat seperti olahraga, minum air putih yang cukup, dan istirahat cukup .