Makanan yang diasup ketika tengah hamil sangat berpengaruh terhadap kesehatan janin pada saat dilahirkan nantinya. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Alberta, Kanada menyatakan bahwa ibu hamil yang gemar mengkonsumsi buah-buahan akan melahirkan seorang baik dengan otak yang baik kualitasnya.

Dalam penelitian ini, digunakan sebuah data bersumber dari Canadian Healty Infant Longitudinal Development yang notabene sebagai studi kelahiran nasional. Dari data tersebut, terdapat sebanyak 3.500 bayi dan keluarga yang diikursertakan dalam penelitian tersebut.

Seorang penulis studi Piush Mandhane menyimpulkan bahwa bayi yang memiliki kemampuan kognitif yang baik dipicu oleh kebiasaan ibunya yang mengkonsumsi banyak buah-buahan.

Mandhane menuturkan bahwa pihaknya telah menemukan bahwa salah satu faktor terbesar yang memicu perkembangan kognitif anak ialah banyaknya buah dimakan ibu selama masa kehamilannya. Ibu yang paling banyak makan buah, maka anaknya akan memiliki perkembangan kognitif yang tinggi.

Tidak hanya itu, peneliti juga meneliti dasar genetik kognisi diantara lalat buah dan manusia bersama Francois Bolduc. Bolduc menyatakan bahwa lalat yang lahir dengan asupan sari buah yang tinggi, memiliki kemampuan mengingat yang lebih baik. Senada dengan hasil yang diperoleh oleh seorang bayi berusia satu tahun yang pada saat masa kehamilannya, si ibu mengkonsumsi banyak buah-buahan.

Kendati demikian, Mandane menyarankan kepada ibu hamil yang memiliki masalah kesehatan seperti diabetes, sebaiknya memilih buah yang disarankan oleh dokter dalam jumlah yang tidak berlebihan. Sebab, dikhawatirkan terjadi peningkatan kadar gula di dalam tubuh.