yandex
Kesehatan

Konsumsi 9 Makanan Ini Tuk Jaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan merupakan suatu sistem kompleks di dalam tubuh yang perlu dijaga kesehatannya agar tidak menimbulkan beragam masalah. Salah satu upaya untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan adalah dengan tidak mengasup makanan secara sembarangan. Sistem pencernaan yang sehat bisa kita miliki apabila mengkonsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi.

Untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, dibawah ini adalah beragam jenis makanan yang bisa anda jadikan sebagai referensi untuk menjadikan sistem cerna di dalam tubuh anda sehat dan terhindar dari berbagai masalah yang mengganggu.

1. Jahe

Jahe merupakan salah satu jenis bumbu dapur yang kaya akan serat, fitokimia, dan antioksidan. Dengan mengasup minuman atau makanan berbahan dasar jahe, maka tubuh akan terhindar dari inflamasi atau peradangan di dalam tubuh. Faktanya, jahe juga mampu meredakan rasa tidak nyaman pada perut serta mengatasi mabuk kendaraan bermotor.

2. Pepermint

Pepermint merupakan bahan alami yang dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan pada manusia. Mengasup teh peppermint ataupun minyaknya mampu membantu mengatasi perut kembung, gejala irritable bowel syndrome, dan gangguan pencernaan lainnya. Meski demikian, anda perlu memperhatikan takarannya, jangan terlalu berlebihan untuk mengkonsumsinya.

3. Yoghurt

Yoghurt merupakan minuman segar yang kaya akan kandungan probiotiknya di dalam usus. Kandungan probiotik ini mampu meluputkan patogen yang masuk ke dalam tubuh serta melancarkan peristaltik pada usus. Sejatinya, probiotik tidak hanya baik untuk usus anda, melainkan juga berpengaruh pada meningkatknya sistem imunitas tubuh dan menjaga berat badan anda.

4. Gandum

Gandum dikenal sebagai sumber makanan yang kandungan seratnya melimpah. Hal ini tentu sangat berperan krusial untuk kesehatan sistem pencernaan di dalam tubuh anda. Tak hanya itu, gandum juga kaya akan kandungan antioksidan dan vitamin B kompleks yang mampu mengatasi inflamasi pada tubuh serta meredakan beragam masalah pencernaan seperti sembelit dan mencegah kanker usus besar.

5. Minyak Kelapa

Perlu anda ketahui, minyak kelapa mengandung zat antimikroba yang mampu menjaga kesehatan pencernaan anda. kandungan yang dimiliki minyak kelapa ini juga mampu melawan patogen pada saluran pencernaan. Mengasup makanan yang menggunakan minyak kelapa juga mampu mengurangi inflamasi yang disebabkan oleh alergi, radang usus besar, dan beragam masalah sistem pencernaan lainnya.

6. Brokoli

Agar kesehatan sistem pencernaan anda tetap terjaga, ada perlu mengasup sayuran hijau yang kaya akan seratnya. Salah satunya adalah brokoli yang diklaim mampu mendetoksifikasi usus besar setiap anda mengkonsumsinya. Tak hanya bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan, brokoli juga sangat ampuh untuk mencegah kanker.

7. Alpukat

Alpukat juga dikenal sebagai salah satu jenis buah yang baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Pasalnya, dengan mengasup buah sehat yang kaya akan kandungan serat ini, mampu merangsang pergerakan usus serta membersihkan usus besar. Umumnya, alpukat juga mampu mengurangi risiko kanker usus besar.

8. Lidah Buaya

Selain mampu menyehatkan rambut, lidah buaya juga juga krusial untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan di dalam tubuh. Dengan mengasup lidah buaya, membantu tubuh untuk mencegah gangguan pencernaan dan peradangan di dalam tubuh. Tak hanya itu, lidah buaya juga mampu mengatasi sembelit.

9. Teh Hijau

Teh hijau, selain mampu menurunkan berat badan, juga berperan untuk membersihkan usus besar. Meminum 3 cangkir teh hijau setiap harinya juga mampu meningkatkan metabolism tubuh, membakar lemak, dan menjaga tubuh agar tetap prima.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button