Rasa cemas bisa datang kapanpun dan dimanapun kita berada. Pada dasarnya, kondisi seperti itu akan menjadikan perasaan dan hidup kita menjadi sulit untuk dinikmati. Munculnya kecemasan inilah yang akan menggerogoti energi kita dan menjadikan syaraf-syaraf di dalam tubuh tegang.

Untuk meluputkan kecemasan tersebut, sebenarnya ada beberapa hal yang bisa kita lakukan, misalnya saja dengan berolahraga dan beristirahat yang cukup. Tak hanya itu, makanan yang diasup juga mampu membantu meminimalisir rasa cemas tersebut.

Sejumlah pakar kesehatan berpendapat bahwa nutrisi tertentu yang diasup melalui makanan akan berpengaruh pada otak serta membantu seseorang untuk kembali bangkit dari rasa cemas. Dibawah ini ialah daftar makanan yang dapat dimanfaatkan sebagai cara mengatasi rasa cemas berlebihan.

1. Bubur gandum

Bubur gandum merupakan menu sarapan sehat yang kaya akan kandungan serat, sehingga mampu membantu menstabilkan gula darah di dalam tubuh anda. Kondisi tersebut juga mampu mencegah penurunan mood anda dalam beraktivitas. Selain itu, bubur gandum juga mengandung karbohidrat kompleks yang memiliki peran untuk melepas serotonin yang mampu membuat seseorang merasa tenang.

2. Cokelat hitam

Sebagian besar orang telah meyakini jika cokelat hitam mampu memperbaiki mood mereka dan menghilangkan rasa cemas berlebih. Hanya dengan mengasup 1 ons cokelat, maka rasa cemas yang timbul akan terluputkan. Sebuah penelitian membuktikan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi 1,5 ons cokelat setiap harinya secara teratur sampai 2 minggu mampu meminimalisir kadar hormon stress mereka secara signifikan.

3. Bayam

Saat anda sedang mengalami stress, otomatis tekanan darah anda akan meningkat. Untuk meluputkan kondisi tersebut, anda bisa memanfaatkan sayuran hijau, seperti bayam. Di dalamnya, jenis sayuran hijau yang satu ini kaya akan magnesium yang krusial untuk mengontrol serta menurunkan tekanan darah di dalam tubuh anda. Perlu anda ketahui, minimnya kadar magnesium di dalam tubuh akan memicu rasa cemas dan depresi.

4. Jeruk

Di dalamnya, jeruk mengandung vitamin C yang tinggi. Perlu anda ketahui, kandungan ini sangat vital untuk tubuh, utamanya mampu menguatkan sistem imun tubuh dan meminimalisir kadar hormon kortisol, yakni hormon pemicu stress.

5. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan lemak sehat. Kandungan tersebut berperan penting bagi tubuh untuk mengatur komunikasi syaraf serta membantu anda untuk tetap berpikiran jernnih dan positif. Tidak hanya itu, alpukat juga mengandung vitamin B yang berkaitan erat dengan kecemasan yang timbul dalam diri seseorang.

6. Ikan berlemak

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Ohio State University, disebutkan bahwa mengasup ikan yang tinggi akan kandungan asam lemak omega 3, seperti tuna dan salmon dapat membantu anda untuk meluputkan kecemasan sampai 20 persen. Ketika mengalami kecemasan yang berlebihan, anda dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi obat anti depresi, namun cobalah mengasup ikan berlemak agar dapat teratasi dengan baik.

7. Telur

Otak membutuhkan asupan vitamin B yang tinggi sehingga dapat bekerja secara maksimal. Saat tubuh kekurangan vitamin B, maka akan timbul rasa cemas dan rasa bingung. Asupan vitamin tersebut dapat dijumpai dengan mengasup makanan berprotein tinggi seperti telur. Bagi anda yang menjalani diet vegetarian, anda bisa mengkonsumsi buah-buahan saja seperti, jeruk dan anggur sebagai penggantinya.

Apabila kecemasan tersebut mulai tidak terkontrol, yang harus anda lakukan adalah mengubah pola pikir anda yang negatif dan mulai menenangkan diri dengan beragam kegiatan yang lebih positif.