Bagi setiap wanita, menjaga kesehatan reproduksi memang tak boleh terluputkan. Tidak hanya untuk kelangsungan seksual saja, melainkan juga karena vagina merupakan salah satu organ paling vital yang sering diabaikan kesehatannya.

Dalam hal ini, makanan yang diasup setiap harinya juga berpengaruh terhadap kesehatan vagina anda. Dibawah ini akan diulas beragam jenis makanan dan minuman yang penting untuk kesehatan kewanitaan anda.

1. Ikan

Apabila ketika menstruasi perut di bagian samping anda terasa sakit, cobalah mengasup ikan dalam jumlah yang lebih banyak. Kondisi ini disebut sebagai prostaglandin dimana terjadi peluruhan senyawa inflamasi. Konsumsi ikan yang kaya akan kandungan asam lemak omega-3 akan mampu mengembangkan senyawa anti-inflamasi sehingga meringankan rasa sakit ataupun kram saat menstruasi.

2. Teh Hijau

Sebuah studi menyebutkan bahwa di dalam teh hijau terkandung senyawa katekin yang tinggi. Senyawa ini mempunyai efek antimikroba yang ampuh mencegah terjadinya infeksi saluran kencing. “Dengan mengasup minuman teh hijau, senyawa katekin yang dimilikinya akan melalui saluran kencing dan penurunan bakteri mampu menghindari anda dari infeksi saluran kencing,” ungkap Carolyn DeLucia, M.D, pendiri VSPOT Medi Spa di New York. Oleh karena itu, sangat penting bagi anda untuk meminum teh hijau setiap hari untuk menjaga kesehatan vagina anda.

3. Makanan berbahan dasar kedelai

Mengasup beragam jenis makanan seperti tahu, tempe, dan juga edamame mampu menjadikan vagina anda memiliki tingkat kelembapan yang tepat. Hal ini merupakan cara untuk membantu menjaga kesehatan vagina anda dan menjadikannya lebih elastis dengan kadar cairan yang tepat.
DeLucia mengungkapkan bahwa tempe, edamame, dan tahu menyimpan kandungan Isoflavones yang tinggi, yang perannya sama dengan estrogen. Jenis makanan yang satu ini juga memiliki sifat hidrofilik sehingga memberikan kadar air yang cukup bagi organ vagina anda dan mencegahnya menjadi kering.

4. Yoghurt

Kesehatan vagina sangatlah krusial bagi setiap wanita. Salah satu cara menjaga kesehatan vagina adalah dengan mempertahankan kadar pH yang sehat di dalam organ kewanitaan anda. Dalam hal ini, pH yang sehat dapat dipertahankan dengann mengasup yoghurt, yang di dalamnya mengandung bakteri baik.

Tidak hanya itu, mengasup makanan atau minuman probiotik seperti yoghurt juga mampu membantu menghindari organ kewanitaan anda dari resiko berkembangnya infeksi jamur pada vagina. Oleh karena itu, anda dianjurkan untuk meningkatkan konsumsi yoghurt untuk menyehatkan vagina anda.

5. Bawang Putih

Bawang putih tak hanya dikenal sebagai bumbu masakan saja, tapinya bahan alami yang memiliki nama latin Allium sativum ini memiliki kemampuan sebagai anti-bakteri, antioksidan, dan juga anti-jamur yang ampuh memberantas bakteri jahat di dalam tubuh dan di bagian kewanitaan anda. Tidak hanya itu, mengasup bawang putih juga mampu menghindari seseorang dari resiko keputihan dan infeksi.

6. Apel

Apel tidak hanya miliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, tapinya juga mampu menjaga kesehatan vagina anda. Sebuah penelitian yang di lansir oleh Archives of Gynecology and Obstetrics menyebutkan bahwa dengan mengasup apel secara rutin maka kadar pelumasan pada vagina semakin baik dan meningkatkan fungsi seksual bagi setiap wanita.

7. Air mineral

Tak jarang wanita yang mengeluhkan jika organ kewanitaannya menimbulkan bau yang kurang sedap. Tidak hanya mengganggu dirinya, kondisi seperti ini juga akan menjadikan suami anda tidak nyaman ketika bercinta. Oleh karena itu, anda dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi air mineral agar kelembaban vagina anda tetap terjaga. Selain itu, air mineral juga mampu menstabilkan suhu di daerah kewanitaan anda.