yandex
Kesehatan

Konsumsi 5 Makanan Sehat ini Tuk Mencegah Kanker Prostat

Lumrahnya, penyakit kanker prostat diderita seseorang apabila sel-sel normal di dalam tubuhnya mulai tumbuh serta berkembang secara berlebihan. Sel-sel tersebut bisa semakin banyak bermunculan dan membentuk tumor.

Seperti yang dilansir American Cancer Society, setiap tahunnya, terdapat 180.000 lebih kasus baru terkait kanker prostat. Masalah ini disebabkan karena mereka sering mengasup makanan berlemak jenuh, seperti susu dan daging. Para ahli pun menyebutkan bahwa setiap pria yang menjalani diet vegetarian akan memiliki resiko terkena kanker prostat yang lebih rendah jika dibandingkan dengan mereka yang tidak menjalaninya.

Menurut Dr. Geo Espinosa, seorang dokter di New York City, mengasup makanan yang tidak sehat sangat berpengaruh terhadap resiko kanker prostat. Oleh karena itu, setiap pria dianjurkan untuk menerapkan pola hidup yang sehat untuk mencegah penyakit kanker yang mematikan ini. Di bawah ini adalah beberapa jenis makanan pencegah kanker prostat yang perlu anda ketahui.

1. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu sayuran pencegah kanker yang sangat terbukti keampuhannya. Jenis sayuran yang satu ini tidak hanya memiliki kandungan karbohidrat yang rendah, tapinya juga telah dihubungkan dengan kanker karena kaya akan kandungan fitokimia serta antioksidan yang mampu mencegah kanker prostat.

2. Salmon

Lisa Cimperman, selaku ahli gizi klinis di University Hospitals Case Medical Center di Cleveland memaparkan bahwa para pria yang menjalani diet mediterania, resiko mengidap kanker prostatnya jauh lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak menjalaninya. Salah satu makanan yang dianjurkan dalam diet ini adalah ikan, terutama Salmon yang kaya akan sumber omega-3. Menu ikan lainnya yang bisa dikonsumsi adalah halibut, sarden dan juga mackerel.

3. Tomat

Untuk mencegah kanker prostat, anda dianjurkan untuk mengasup tomat. Pasalnya, tomat kaya akan kandungan lycopene yang mampu meminimalisir resiko kanker. Dalam sebuah studi yang diterbitkan Journal Cancer Epidemiology, Biomarkers and Prevention, menyebutkan bahwa pria yang mengasup 10 buah tomat dalam waktu seminggu mengurangi resiko kanker prostat hingga 18%.

Buah tomat sangat baik diasup, baik dalam keadaan mentah ataupun diolah menjadi masalah. Bahkan sebuah studi juga menyebutkan bahwa kandungan lycopene yang dimiliki jenis buah yang satu ini lebih baik diserap saat dipasangkan bersama lemak. Anda bisa menambahkan minyak zaitun ke dalam salad tomat.

4. Berry

Buah Berry juga kaya akan kandungan antioksidannya sehingga sangat berperan krusial untuk mencegah kanker prostat. Bahkan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal Annals of Oncology disebutkan bahwa pria yang miliki diet glikemik tinggi akan lebih beresiko mengidap kanker prostat apabila dibandingkan dengan mereka yang kadar glikemiknya rendah.

Tidak hanya itu, kanker prostat juga dihubung-hubungkan dengan stress oksidatif. Beragam makanan sehat yang mampu meluputkan kondisi tersebut adalah blueberry, strawberry, dan raspberry yang kaya akan kandungan antioksidannya dan miliki kadar glikemik yang rendah.

5. Wortel

Selain menyehatkan mata, faktanya wortel juga mampu mencegah kanker prostat. Pria yang mengasup 3 porsi wortel selama satu minggu akan terluput dari penyakit mematikan ini sebesar 18%, seperti yang dilansir dalam European Journal of Nutrition. Di dalamnya, jenis sayuran yang satu ini miliki betakaroten yang tinggi dan antioksidan, sehingga mampu menghindari seseorang dari kanker prostat.

6. Kopi

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal Pengendalian Kanker disebutkan bahwa dengan mengasup 4 sampai 5 gelas kopi setiap harinya mampu mencegah kanker prostat dan mengurangi resiko penyakit tersebut. Jenis minuman yang satu ini mampu membantu tubuh dalam proses metabolisme gula yang lebih optimal, sehingga dapat diandalkan untuk mencegah kanker prostat.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button