Tenor cicil mobil sampai 7 tahun menjadi menu standar yang disajikan mayoritas merek peserta pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016. Waktu cicilan lebih lama diharapkan mampu mengurangi beban uang yang harus disetorkan setiap bulan oleh konsumen, meski harga mobil semakin melambung.

Tapinya, IIMS dibuka dari tanggal 7 sampai hari Jumat tanggal 15, konsumen yang melakukan transaksi pembelian masih belum berminat akan promosi ini. Mereka cenderung memilih tenor cicilan antara dua sampai empat tahun.

“Dari data yang masuk, lebih dari 60% pembeli kredit mengambil tenor dua hingga empat tahun saja. Tenor 7 tahun tetap ada, tapinya tidak sebanyak yang diperkirakan,” kata Benediktus Titan, Brand Relationship Management Dept. Head Marketing & Product Development Division Mandiri Tunas Finance, pada hari Jumat kemarin malam.

Menurutnya, konsumen yang mengambil tenor 7 tahun biasanya karena keterbatasan dana, tapinya karena kebutuhan, terpaksa harus mengambil mobil. “Tetapi, kami juga tidak sembarang memilih konsumen, kita punya tim khusus yang bisa menilai orang tersebut bisa ambil tenor tujuh tahun atau tidak,” imbuh Benediktus.

Walaupun dianggap kelamaan, disaat ini pihaknya tetap menjalankan program tersebut sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Lantaran, kendati bagaimana pun tenor sepanjang itu akan menjadi pilihan bagi masyarakat tertentu.

“Meski bunganya lebih tinggi, tapinya kami berani klaim kalau yang kita tawarkan lebih rendah ketimbang kompetitor,” imbuh Benediktus.