Mencegah pasangan berpaling kepada orang lain bukanlah perkara mudah seperti apa yang dibayangkan. Pasalnya, dalam membina suatu hubungan, setiap pasangan tidak cukup hanya membutuhkan cinta.

Untuk memperkuat hubungan suami istri, dibutuhkan komitmen, kepercayaan, serta menjaga komunikasi satu sama lain. Pasalnya, komunikasi merupakan faktor terpenting dalam mencegah perceraian dan perselingkuhan.

Henni Norita, seorang psikolog menuturkan bahwa istri dan suami harus selalu menjaga komunikasi dengan baik. Keburukan dan kebaikan yang dimiliki harus dijadikan satu apabila sudah memasuki proses pernikahan.

“Suami atau istri yang berpaling dengan orang lain sebagian besar disebabkan karena kurangnya komunikasi yang dibina. Apabila masing-masing pasangan tidak merundingkan masalah yang terjadi, besar kemungkinan mereka akan mencari sosok yang lebih mendukung dan memperhatikannya.” tuturnya.

Henni berpendapat bahwa jika penting bagi orang tua untuk tidak membiarkan anak-anak melihat orang tuanya bertengkar di rumah, apalagi untuk anak-anak yang usianya masih 0 sampai 6 tahun. Apabila mereka melihat pertengkaran orang tuanya akan mengganggu kepribadian serta menjadi trauma tersendiri bagi mereka.

“Kendati belum mengerti kondisi yang sebenarnya terjadi dengan orang tuanya, di alam bawah sadarnya mereka merasakan ketidaknyamanan. Jangan sampai anak menjadi korban dari orang tua dan mereka kehilangan sosok seorang ayah ataupun ibu,” cakap Heni.

Oleh karena itu, diharapkan para orang tua selalu menjaga komunikasi yang baik satu sama lainnya. Sebab komunikasilah yang akan mencegah perceraian dan perselingkuhan, sehingga anak-anak anda memiliki masa depan dan harapan yang cerah.