Komentar Sekjen ASEAN Diprotes China

Beijing Pemerintah China mengajukan protes kepada ASEAN. Protes ini dilayangkan setelah Sekretaris Jenderal (Sekjen) ASEAN, Le Luong Minh mengeluarkan pernyataan menolak garis batas Laut China Selatan yang dikeluarkan Otoritas Tiongkok.Pemerintah Negeri Tirai Bambu mengaku geram atas komentar diplomat asal Vietanam ini dalam wawancara dengan salah satu media ternama Filipina. Pernyataan Le dianggap mengganggu kemitraan antara ASEAN dan China.

Menurut Kementerian Luar Negeri China mengatakan komentar Le sangat bertolak belakang dengan dukungan yang terus diberikan negaranya kepada integrasi ekonomi ASEAN. Mereka pun menyebut, ASEAN tidak layak mengeluarkan komentar Laut China Selatan karena bukan pihak yang bersengketa.

“Pak Le Luong Minh adalah Sekjen ASEAN dan dalam masalah Laut China Selatan ia kerap membuat pernyataan dukungan yang tak sesuai dengan fakta dan sesuai dengan posisinya,” ujar Juru Bicara Kemlu China Hong Lei, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (11/3/2015).

“Ini adalah penyimpangan yang serius dari posisi netral ASEAN,” sambung dia.Lebih lanjut, Hong mengatakan, jika komentar seperti ini terus dilancarkan Le, maka akan sangat fatal ke depannya. Karena citra dari ASEAN sebagai organisasi internasional bisa tercoreng.

“Sekjen ASEAN harus konsisten dengan sikap netral dan tidak menggunakan jabatan demi kepentingan pribadi,” tegas Hong.

Dalam masalah Laut China Selatan Otoritas China secara sepihak mengklaim kepemilikan 90 persen dari perairan itu. Sikap Negara Asia Timur sontak memicu permasalahan dengan beberapa negara yang letakanya berada di dekat laut tersebut.

Termasuk di antaranya negara Asia Tenggara Vietnam, Filipina, Malaysia, Brunei. (Ger/Ein)

Sumber : Liputan6.com