Pecinta kopi di Indonesia semakin meningkat, bahkan sudah menjadi gaya hidup dari masyarakat pedesaan sampai perkotaan. Melihat peluang tersebut, tak sedikit bisnis kopi yang berkembang di Tanah Air. Salah satunya adalah Otten Coffe yang merupakan pemasok bahan baku kopi dan perlengkapan untuk membuat kopi.

Usaha kedai kopi ini telah didirikan sejak pertengahan Oktober 2013 lalu di Medan dan sukses memikat hati para pecinta kopi di Indonesia. Pasalnya, Otten Coffe mampu menawarkan semua peralatan yang diperlukan untuk membuat minuman kopi yang nikmat, mulai dari biji kopinya sampai mesin penyeduh kopinya.

Pemilik dari Otten Coffee ini adalah Robin Boe yang merintis bisnis kopinya itu dari nol. Kegemarannya terhadap kopi mulai dimilikinya ketika melakukan perjalanan ke Desa Sibisa pada 8 tahun yang lalu. Saat itu, Robin berkunjung ke kebun jagung yang terletak di dekat Danau Toba. Di sepanjang jalan menuju kebun tersebut, terdapat banyak sekali tanaman kopi.

Kemudian ada seorang petani yang memberikan Robin satu bungkus biji kopi mentah. Robin pun mencoba mengolahnya sesuai dengan arahan dari petani itu. Biji kopi tersebut di jemur sampai 2 hari, lalu dipanggangnya menggunakan perlengkapan seadanya. Sejak saat itulah, Robin mulai tertarik dengan kopi.

Satu tahun berselang, Robin memutuskan untuk menggeluti bisnis kopi. Ia pun mempelajari semua hal tentang kopi dari berbagai referensi. Setelah itu, Robin pun mulai memasok biji kopi kepada eksportir dan menjalaninya hingga 5 tahun. Dalam kurun waktu tersebut, Robin pun sempat menjadi seorang eksportir biji kopi seiring dengan pasar kopi lokal yang mulai tumbuh.

Seiring dengan berjalannya bisnis kopi tersebut, Robin mulai membutuhkan perlengkapan pendukung. Ketika itu, hanya sedikit pemasok lokal yang mampu memberikan fasilitas bagi para pecinta kopi. Akhirnya, ia pun harus melakukan pemesanan dari luar negeri.

otten-coffee

Kemudian, Robin memutuskan untuk berinvestasi guna mengembangkan usaha kopinya itu. Meskipun tidak disebutkan besarnya investasi yang dilakukan, namun yang pasti Robin mengeluarkan kocek hingga ratusan juga.

Semenjak didirikannya Otten Coffee, Robin membuat website bisnis kopinya itu yang di dalamnya berisi tentang profil perusahaan. Namun setelah semakin maraknya pemasaran secara online, Robin pun menjadikan websitenya itu sebagai toko online yang menawarkan beragam produk perlengkapan untuk ngopi.

Tidak hanya itu saja, Otten Coffee juga mengandalkan akun instagram untuk memperkenalkan bisnis kopinya itu kepada masyarakat secara luas. Menariknya lagi, Otten Coffee juga mempunyai seorang fotografer yang secara khusus bertugas untuk menangani kebutuhan gambar yang dibutuhkan untuk promosi.

Demikian juga dengan konten tulisannya, Robin juga mempekerjakan tim khusus yang setiap harinya membuat ulasan terkait kopi. Secara keseluruhan, jumlah tim yang dimiliki Otten Coffee adalah 70 orang. Kini, ada banyak kedai kopi, restoran atau hotel di Indonesia yang memesan kebutuhan pembuatan kopinya dari Otten Coffe.

“Dalam menjalankan bisnis kopi ini, salah satu hal terpenting yang harus dicapai adalah mendapatkan pasar di Tanah Air dengan menyulap Otten Coffee sebagai sumber terkait kopi di Indonesia,” tutur Robin. Saat ini, Otten Coffee sudah mulai menjual 5.000 jenis produk. Harga yang ditawarkan pun mulai dari Rp 100.000 hingga ratusan juta rupiah.

Dalam waktu dekat ini, Robin berencana untuk mendirikan gerai kopinya di kawasan Jakarta. Menurutnya, hal ini dilakukan untuk lebih dekat dengan konsumen, karena sebagian besar konsumennya berasal dari Pulau jawa yakni sebesar 50% dan 20% dari total tersebut terdapat di Jakarta.