Aliran musik Jazz merupakan salah satu jenis musik yang berasal dari Amerika Serikat yang sudah ada sejak abad ke 20. Genre musik ini didapat dari kolaborasi antara musik dari Amerika Serikat dengan musik Afrika serta Eropa. Hal inilah yang menyebabkan mengapa penyanyi jazz dunia sebagian besarnya berasal dari Afrika.

Di Indonesia sendiri, genre musik Jazz tidak terlalu digemari. Akan tetapi, para penyanyi Jazz di Tanah Air tetap setia dengan genre favoritnya ini. Salah satu tokoh musik Jazz Indonesia yang dikenal sampai saat ini adalah Indra Lesmana. Ada pula penyanyi musisi muda yang rupanya punya kecintaan yang sama terhadap genre musik ini, yakni Andien. Dibawah ini akan dibahas perjalanan karis Andien yang saat ini telah dinobatkan sebagai Diva Jazz Indonesia.

Sejak usianya menginjak angka 3 tahun, Andien sudah mengenal aliran musik ini. Selain karena hobi, penyanyi 31 tahun itu pun mengikuti sejumlah kontes bernyanyi di lingkungan tempat tinggalnya. Melihat potensi tersebut, ibunya memasukan Andien ke sebuah les vocal bernama Elfa Music Studio (EMS).

Semenjak ia kecil, Andien sudah menunjukkan kecintaannya pada musik bergenre Jazz. Saat anak diusianya menyanyikan lagu-lagu pop, Andien justru lebih tertarik untuk menyanyikan lagu tua yang bergenre Jazz.

Di usianya yang ke-14, Andien sukses mendapatkan gelar juara dalam sebuah kompetisi dengan menyanyikan lagu Jazz. Selain di dalam negeri, penyanyi kelahiran 25 Agustus 1985 itu juga pernah mendapatkan penghargaan melalui sebuah lagu Jazz yang dinyanyikannya di sebuah acara di Shanghai, China. Tidak sampai disitu, di usianya remajanya, Andien justru memberanikan diri untuk merilis album perdananya yang bertajuk Bisikan Hati.

Album perdana ini yang menjadikan Andien dikenal sebagai penyanyi Jazz termuda yang punya segudang potensi. Sampai-sampai Indra Lesmana tertarik dengan suara Andien dan di tahun 2002, penyanyi lulusan Universitas Indonesia itu kembali meluncurkan album keduanya bertajuk Kinanti bersama Indra Lesmana dan Aksan Sjuman.

Di dalam perjalanan karirnya sebagai penyanyi, Andien sempat jadi bahan perbincangan publik. Kali ini, bukan karena prestasinya gemilangnya yang menjadikannya meraih sejumlah penghargaan. Nama Andien ramai diberitakan lantaran ia menuntut mantan kekasihnya yang juga sebagai manajernya karena sudah menggelapkan uangnya sebesar 200 juta. Awalnya, Andien melaporkan mantan kekasihnya kepada pihak kepolisian, namun akhirnya masalah tersebut terselesaikan melalui jalur damai.

Terlepas dari hal itu, sebagai seorang penyanyi, Andien dituntut untuk selalu menjaga penampilannya. Apalagi, profesinya sebagai seorang penyanyi mengharuskan Andien untuk selalu menjaga tubuhnya agar tetap sehat dan prima agar mampu tampil secara maksimal.

Untuk mewujudkan hal itu, Andien pun selalu meluangkan waktunya untuk berolahraga. Andien termasuk salah satu artis yang cinta dengan olahraga yoga. Tak hanya itu, Diva Jazz Indonesia itu juga kerap mengikuti jenis olahraga lainnya seperti TRX, pilates, dan juga Cardio.

Dalam perjalanan cintanya, Andien juga pernah mengalami yang namanya patah hati, tepatnya sebelum ia dipersunting oleh Irfan Wahyudi, yang berprofesi sebagai seorang fotografer. Meski demikian, semua rasa sakit hati itu berhasil sirna ketika ia dipertemukan oleh Irfan.

Pernikahan Irfan dan Andien dilangsungkan di Lembang, dengan mengusung konsep alam, tepatnya di hutan Pinus. Pesta pernikahan tersebut dihelat dengan tema vintage dan sukses mendapat sebutan sebagai resepsi penikahan terindah pada tahun 2015.