yandex
Kesehatan

Ketahuilah, 4 Hal Ini Picu Hipotensi Semasa Berpuasa

Saat sedang berpuasa, salah satu penyakit yang kerap melanda adalah darah rendah. Faktanya, penyakit ini menimbulkan gejala-gejala seperti mata berkunang-kunang, hilang kesadaran, dan juga pusing, layaknya penyakit vertigo.

Perlu kita ketahui, penyakit ini tidak disebabkan oleh makanan yang diasup setiap harinya, melainkan akibat tekanan darah di dalam tubuh yang tidak mampu menyuplai oksigen dan nutrisi secara maksimal. Tak hanya itu, ada beberapa penyebab lainnya yang dapat memicu hipotensi atau darah rendah, berikut adalah penjelasannya :

1. Kekurangan vitamin

Faktanya, kurang mengasup makanan bervitamin B12 memungkinkan seseorang untuk mengalami tekanan darah rendah. Pasalnya, vitamin yang diperlukan di dalam tubuh ini sangat krusial untuk menunjang kesehatan serta mencegah anemia.

2. Dehidrasi

Di saat sedang berpuasa, seseorang tentunya bisa mengalami dehidrasi. Tak heran jika sebagian besar penderita hipotensi banyak yang kambuh jika tidak mengasup air minum yang cukup. Untuk mencegahnya, anda perlu meminum air putih yang cukup banyak ketika sahur dan berbuka.

3. Sakit Jantung

Selain kurang mengasup cairan, nyatanya masalah pada jantung juga dapat memicu seseorang mengalami tekanan darah rendah. Pada dasarnya, jantung merupakan organ terpenting di dalam tubuh yang berperan untuk menyalurkan darah ke seluruh tubuh. Jika tidak, maka hal ini akan memicu terjadinya hipotensi.

4. Hamil
Penderita hipotensi lebih banyak dialami oleh ibu hamil, pasalnya organ jantung si ibu harus bekerja lebih optimal lagi agar dapat menyuplai oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Untuk mencegahnya, sebaiknya perbanyak mengasup makanan yang kaya akan gizinya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button