Serie A – Kepulangan Zdenek Zeman ke Pescara kontan berbuah manis. Selepas nyaris sepanjang musim bergulir tidak pernah sekalipun memetik satu kemenangan, Zeman sukses menuntun Pescara ke jalur kemenangan untuk kedua kalinya, yang pertama mereka dapatkan karena kubu lawan melanggar peraturan. Genoa menjadi korban kemenangan mereka seusai ditumbangkan dengan skor 5-0.

Kepulangan Zeman Membuat Delfini Lebih Percaya Diri 1


Bila menilai keadaan Pescara sebelum berlaga, tentu isi kemenangan ini akan terasa semakin besar. Hanya mampu mengemas sembilan poin dari 24 giornata, tentu Pescara boleh dikatakan masuk dalam bagian dari salah satu skuat terburuk sepanjang memori Serie A. Ditambah catatan 15 kekalahan dari 17 laga pun pada akhirnya mendesak sang juru taktik Massimo Oddo harus kehilangan jabatannya.

Pria yang telah menginjak usia 40 tahun itu pada musim sebelumnya sukses menjuarai Serie B bersama klub masa kecilnya itu. Walaupun bisa dikatakan sudah mengerahkan yang terbaik untuk Pescara selama masa jabatannya, pemain-pemain yang ia bina sepertinyanya kerepotan untuk menjabarkan tekad sang juru taktik di lapangan dan berujung tak berhasil mendapatkan hasil yang mereka inginkan. Pada akhirnya, kebersamaan Pescara dan Oddo harus selesai sebelum waktunya.

Kemudian hadirlah seorang pria yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi khalayak Delfini. Pria yang juga berhasil menuntun mereka ke kasta tertinggi beberapa musim lalu. Pria yang namanya diabadikan dalam sebuah peristiwa di jagat sepakbola dunia. Pria yang memiliki ciri khas dengan gaya bermain menyerang pada era dimana Serie A dikenal sebagai liga dengan ciri khas permainannya. Zeman pun sukses kembali menyuntikkan kepercayaan diri dan motivasi, setidaknya untuk saat ini.

Kepulangan Zeman ke Delfini sesungguhnya menghidupkan kembali banyak kisah. Pada masa kepelatihan pertamanya, ia sukses menerbitkan pemain belia seperti Immobile, Insigne, dan Verratti yang saat ini masing-masing menjadi penyangga utama di kesebelasannya. Skuat Pescara saat inipun dihiasi dengan pemain belia yang berbakat dan ‘lapar’. Gianluca Caprari, Alberto Cerri, dan Valerio Verre pun hanya sedikit dari pemain belia yang kini memperkuat Pescara. Dengan adanya Zeman pun bisa menolong mereka mengembangkan sayapnya di Serie A, seperti yang ia lakukan pada tiga nama pertama.

Own goal dari Luis Orban, dua gol yang dikantongi Caprari serta masing-masing satu gol Ahmad Benali dan Cerri sukses membuat Pescara memetik kemenangan dan panggilan “Zemanlandia” kembali merebak. Walau kemenangan ini merupakan kemenangan yang patut diabadikan, tapi sepertinya akan tetap sulit bagi Zeman untuk bisa menyelamatkan Pescara yang saat ini terpaut selisih 10 poin dari zona aman. Kontrak 18 bulan yang ia setujui pun sepertinya cukup mengindikasikan bahwa Zeman pun memahami hal itu.

Namun, tentu Zeman siap kembali menghadirkan guncangan di Serie A. Zeman pernah mengungkapkan bahwa lebih baik skuatnya kalah 5-4 ketimbang harus bermain seri 0-0. Pernyataan itu jelas merupakan sinyal terkuat dari gaya bermain yang digunakan juru racik kebangsaan Republik Ceska tersebut. Walau Delfini mungkin bernasib kembali turun ke Serie B, setidaknya para pendukung bisa berharap persaingan di sisa musim tidak akan menjadi perjalanan yang menjenuhkan.

Highlights Pescara Vs Genoa 2017

https://www.youtube.com/watch?v=uPiDf2yXQcU