Dalam melakukan olah raga enggak hanya baik untuk menjaga mood, meluweskan otot, dan memperbaiki metabolisme tubuh. Penelitian terbaru telah mengunjukkan bahwa olahraga manapun menjaga otak awet muda.

Peneliti dari Columbia University dan University of Miami, mengutarakan bahwa ia menyimpukan hal tersebut seusai menyurvei kebiasaan olahraga pada beberapa orang yang tengah berusia 40 tahun ke atas dan kemampuan kognitifnya.

“Banyak fakta telah mengunjukkan bahwa kemampuan otak seseorang akan menurun dan berkurang pada saat memasuki usia 30 tahun,” jelas Clinton Wright, MD.

Seusai 5 tahun mereka menguji otak mereka lagi, ada beberapa peserta yang penurunan kemampuan otaknya tak signifikan, bahkan tetap baik. Ternyata perihal itu dipengaruhi oleh aktivitas fisik seperti olahraga yang rutin dilakukannya.

Para peserta yang rutin berolahraga miliki daya ingat yang cukup baik dan mampu berpikir lebih cepat. Peneliti pun memperkirakan berolahraga sepanjang hidup Anda dapat membuat tubuh sepuluh tahun lebih muda nantinya.

“Aktivitas fisik dapat tuk meningkatkan aliran darah ke otak Anda, mensuplay oksigen dan nutrisi dan membuang racun lebih banyak,” kata Dr Wright. Latihan fisik teratur juga mampu menurunkan berbagai risiko yang perlahan dapat merusak otak, seperti diabetes, hipertensi, dan peradangan.

Dr Wright yang seorang dokter saraf pun menyarankan agar setiap orang dapat menyempatkan waktunya untuk berolahraga dan mengurangi aktivitas yang cenderung statis atau gaya hidup sedentari.