yandex
Kesehatan

Kenapa Tidak Boleh Langsung Tidur Setelah Sahur? Inilah Bahayanya!

DUAKALI.COM, Sering kali sehabis sahur kita langsung tidur lagi, karena paginya harus berangkat bekerja. Tetapi tahukah Anda bahwa ada bahaya kesehatan yang bisa terjadi jika kita langsung tidur setelah makan untuk sahur.

Karena menurut Dokter dari Devisi Gastroenterologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSUPN Cipto Mangunkusumo, Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP mengatakan kepada wartawan CNN bahwa tidur yang ideal adalah dua jam setelah makan sahur.

“Idealnya tidur dua jam setelah makan sahur,” ujar Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, dokter dari Divisi Gastroenterologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSUPN Cipto Mangunkusumo, saat dihubungi CNN Indonesia.

Menurut dr Ari, langsung tidur sesaat setelah sahur bisa membahayakan sistem pencernaan. Posisi berbaring bisa membuat makanan yang baru saja masuk ke lambung akan berbalik arah menuju atas, tenggorakan dan mulut, menyebabkan kondisi yang dikenal dengan refluks esofagus.

Refluks esofagus atau esophageal reflux adalah kembalinya makanan dari lambung ke dalam esofagus (saluran yang mengangkut makanan dari mulut ke perut).

“Karena ada gaya gravitasi, makanan yang baru saja mencapai lambung akan berbalik arah menuju ke kerongkongan. Selain itu, tentu saja ada asam lambung yang terbawa oleh makanan tersebut,” ujar dr Ari.

Akibatnya, kerongkongan akan terasa kering, panas, kadang membuat orang merasa mual, mulas dan ingin muntah. Hal ini akan semakin parah bila orang tersebut sudah menderita penyakit mag atau tungkak lambung.

Dalam kondisi yang parah, asam lambung yang berbalik arah juga bisa mencapai saluran pernapasan, menyebabkan inflamasi (peradangan), kerusakan pada kerongkongan, paru-paru dan laring (kotak suara). Kondisi ini dikenal dengan gastroesophageal reflux disease (GERD).

GERD bisa menyebabkan berbagai komplikasi, mulai dari kanker kerongkongan hingga kematian.

“Sayangnya, karena kita disarankan untuk sahur di waktu mendekati imsak (antara pukul 3 sampai pukul 4), tidak mungkin untuk pekerja kantoran menunggu sampai 2 jam baru tidur,” kata dr Ari.

Karena itu, dr Ari menyarankan beberapa cara ‘tidur sehat’ setelah sahur yang tidak membahayakan sistem pencernaan. “Tidur pakai bantal yang tinggi, jadi makanan yang sudah masuk tidak naik lagi,” katanya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button