Kenali Marka Karpet Merah Busway, Tak Haram bagi Kendaraan Lain

Jakarta: Bagi setiap pengendara sebaiknya mengetahui dan mengenal tentang marka jalan demi keselamatan berlalulintas. Salah satu caranya adalah taat pada aturan dan regulasi berkendara dari marka jalan.

Tanda yang berada diatas permukaan jalan seperti garis, lambang dan warna disebut marka jalan dan berfungsi untuk membatasi serta mengarahkan arus lalulintas. Salah satu marka jalan yang paling banyak terdapat di Jakarta adalah marka jalan berwarna merah.

Jika banyak orang yang menganggap bahwa marka berwarna merah itu sama saja halnya dengan jalur khusus busway dan kendaraan lain dilarang melintas di atasnya, maka anggapan tersebut salah. Sebab marka ini bukan untuk busway saja. Namun kendaraan lain pun bisa melintasinya.

Tanda yang juga dikenal sebagai karpet merah itu ternyata hanya untuk memberikan penanta kepada pengendara busway. Tanda karpet merah dibuat untuk membatasi jalur khusus busway dan mengarahkan apabila tidak ada separator (trotoar pembatas).

“Pengendara yang melewati atau masuk karpet merah tidak melanggar marka jalan, karena karpet merah sebagai pembatas khusus busway agar tetap berada di jalurnya, dan biasanya karpet merah dibuat di persimpangan, tempat berputar, dan pintu masuk, agar kendaraan lain dapat melintas,” tegas Kompol Miyanto KASI LAKA Polda Metro Jaya.

Jadi tak perlu ragu jika melintasi zona marka jalan berwarna merah khas jalur busway. Lantaran marka tersebut, diperuntukkan mengatur jalur busway dan sebagai pengganti separator.
UDA

Sumber : metrotvnews.com