Team Principal Monster Yamaha Tech 3, Herve Poncharal, mengutarakan jikalau rider muda nan potensial Suzuki Ecstar, Maverick Vinales telah sukses membawa angin segar ke MotoGP yang selama ini lebih sering didominasikan oleh nama-nama seperti halnya Jorge Lorenzo, Valentino Rossi, Marc Marquez dan Dani Pedrosa.

Poncharal pun mengakui dirinya sangat terkesan atas performa Vinales di MotoGP 2015, dimana jawara Moto3 2013 itu telah sukses merebut gelar Rookie of the Year.

“MotoGP pada tahun lalu sudah jelas persaingan sama sekali tak membosankan, tapinya memang Marc, Jorge, Vale dan Dani masih mendominasi. Baiklah, Andrea Dovizioso terbilang sangat mengesankan di awal musim dan Andrea Iannone akhirnya bisa menempel di akhir musim, tapinya podium bagaikan monopoli. Jadi menyenangkan melihat Maverick (Vinales) telah hadir membawa angin segar,” tutur Poncharal.

Poncharal pun optimistis bahwa rider Spanyol yang kini tengah berusia 21 tahun itu akan membuat kejutan lebih besar lagi di tahun ini serta akan segera meraihkan podium di premier class.

“Hadirnya rider baru seperti Maverick di atas mesin yang pun baru, bukan Honda, Yamaha atau Ducati sangatlah menarik. Ia jelas punya potensi. Saya yakin potensinya akan makin tampak tahun ini. Ia pasti bisa bertarung melawan rider papan atas dan akan naik podium,” tuntas Poncharal lagi