yandex
Kesehatan

Kedahsyatan dan Segudang Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan

Manfaat buah apel untuk kesehatan memang tak perlu diragukan lagi. Banyak orang yang meyakini bahwa jenis buah yang satu ini punya segudang manfaat. Tak hanya mempunyai rasa yang manis dan renyah, apel juga mengandung air yang tinggi serta beragam nutrisi penting yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh.

Mengasup buah apel tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan saja, melainkan untuk kesehatan gigi. Mengunyah apel akan membuat gigi anda sehat dan tampak lebih putih dan bersih. Tak sedikit juga yang memanfaatkan khasiat buah apel ini untuk menjalankan program diet. Dibawah ini adalah beberapa manfaat buah apel yang perlu anda ketahui.

1. Mencegah dehidrasi

Salah satu manfaat apel adalah mencegah dehidrasi lantaran buah yang satu ini kaya akan kandungan mineralnya, yakni mencapai 85 persen. Hanya dengan mengasup satu buah apel, maka anda akan terhindar dari dehidrasi yang dapat dialami kapan saja ketika tubuh anda kekurangan cairan. Anda bisa membawanya saat bepergian atau bisa juga dijadikan sebagai jus buah apel yang tentunya menyegarkan.

2. Memelihara kesehatan jantung

Bagi anda yang gemar mengasup buah apel, hal ini perlu dipertahankan. Karena, jenis buah yang satu ini berkhasiat untuk memelihara kesehatan jantung. Pasalnya, apel mengandung senyawa fenolik baik di dalam daging buahnya maupun kulitnya. Kandungan apel ini sangat berperan penting untuk menyehatkan jantung anda. Mengingat hal itu, ada baiknya anda membiasakan diri untuk mengasup buah apel tanpa diikupas kulitnya.

3. Mencegah hipertensi dan serangan jantung

Selain berkhasiat untuk memelihara kesehatan jantung, manfaat buah apel lainnya adalah menangkal hipertensi dan serangan jantung. Perlu kita ketahui, hipertensi merupakan pencetus serangan jantung dan beragam penyakit berbahaya lainnya. Mengasup buah apel setiap harinya sangat baik diterapkan sebagai salah satu upaya untuk mencegah anda terserang hipertensi dan serangan jantung.

4. Mencegah diabetes

Manfaat buah apel yang perlu diketahui adalah untuk mencegah diabetes. Didalamnya, apel mengandung serat larut yang krusial untuk membantu mencegah penyakit diabetes. Karena itu, ada baiknya anda membiasakan diri untuk mengasup apel secara rutin untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan terhindar dari beragam serangan penyakit yang membahayakan, termasuk diabetes.

5. Menjaga berat badan

Sebagian besar wanita selalu menginginkan untuk mempunyai bentuk tubuh yang ideal dan menarik, sehingga bisa tampil lebih percaya diri di setiap momen. Bagi anda yang ingin menjaga berat badan, mengasup buah apel adalah pilihan yang tepat. Kandungan serat dan mineralnya yang tinggi akan mampu menjaga berat badan anda agar tetap ideal sepanjang waktu.

6. Meningkatkan sistem imunitas

Manfaat buah apel yang begitu dibutuhkan oleh tubuh adalah mendongkrak sistem kekebalan di dalam tubuh. Mengasup buah apel akan membuat sistem imun meningkat dan terhalau dari beragam serangan penyakit yang membahayakan.

7. Mencegah Alzheimer

Mengasup satu cangkir jus apel saat cuaca sedang terik-teriknya mampu memperbaiki sel saraf otak anda yang mengalami kerusakan. Pasalnya, apel mengandung senyawa flavonoid yang berperan sebagai antioksidan yang kuat. Hal ini akan menjadikan anda terhindar dari penyakit Alzheimer.

8. Mencegah dan mengatasi kanker

Manfaat buah apel yang terakhir adalah mencegah dan mentahirkan penyakit kanker, berkat senyawa triterpenoids yang dimiliki pada kulit apel. Sebuah penelitian yang dilakukan di Cornell University mengidentifikasikan bahwa senyawa triterpenoids ampuh menghambat sel kanker yang memicu risiko kanker payudara, kanker usus, dan lever.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button