yandex
Otomotif

Kawasaki KLX 150 BF SE Mendarat, Andalkan Mesin Air Cooled

Kawasaki kembali meluncurkan produk motor terbarunya untuk memenuhi kebutuhan konsumennya di industri otomotif dunia dengan mengusung nama Kawasaki KLX 150 BF SE. Sejatinya, motor trail Kawasaki ini merupakan hasil pembaharuan dan modifikasi dari Kawasaki KLX 150 L dengan fitur dan teknologi canggih yang dimilikinya.

Kawasaki KLX 150 BF SE dirancang dengan desain bodi yang hampir menyerupai generasi sebelumnya, namun untuk bodi motor ini bentuknya lebih lancip, sehingga tampak lebih panjang. Balutan warna hitam yang tersemat pada bagian bodi dan pelek motor ini pun yang cocok sehingga tampak begitu gahar dan sporty.

Untuk ukurannya sendiri, motor ini dirancang dengan dimensi panjang 2.070mm, lebar 825 mm, dan tinggi 1.155 mm. Sedangkan untuk jarak poros rodanya mencapai 1.340 mm dengan bobot sebesar 118 kg. Ukuran berat yang dimiliki pada motor ini memang sangat pas untuk kendaraan sekelas of-road. Lebih dari itu, untuk tangki bahan bakarnya mampu menampung sebanyak7,6 liter.
Kawasaki KLX 150 BF SE disenjatai dengan mesin 4-Langkah, Air Cooled, SOHC 2 Valvey yang mempunyai kapasitas silinder 144 cc dan kompresi sebesar 9.5 : 1. Mesin yang diusung pada motor ini pada dasarnya sama dengan generasi sebelumnya.

Berkat mengusung mesin tersebut, Kawasaki KLX 150 BF SE mampu melaju dengan performa optimal sebesar 8.6 kW pada rotasi mesin 8000 rpm. Sedangkan untuk torsi optimalnya sebesar 11.3 Nm pada rotasi 6500 rpm. Kemampuan tersebut didukung oleh sistem pembakaran yang memiliki tipe NCV24 yang dialokasikan pada sistem transmisi 5 kecepatan. Dengan kemampuan tersebut, harga Kawasaki KLX 150 BF SE yang dibanderol 30 jutaan ini sangat sebanding dengan kemampuan yang diusungnya.

Di bagian kelistrikannya, motor ini masih mengandalkan tipe yang sama dengan generasi terdahulunya, yakni DC-CDI. Pada generasi terbaru ini, Kawasaki membekalinya dengan velg yang lebih bongsor dan penambahan Engine Guard dan Hand Guard yang semakin menunjukkan aura of-road sejati.

Kawasaki KLX 150 BF SE merupakan sebuah motor yang tentunya sangat berlainan dengan motor pada umumnya, sebab motor ini mempunyai rangka berbahan ringan dan kokoh, yang menjadikannya lebih mudah untuk dikendalikan dan untuk melakukan maneuver. Lebih lagi, di bagian suspensinya didesain lebih empuk, yakni dengan mengusung tipe Uni-Track, with 5-way adjustable preload.

Untuk motor of-road seperti ini, kedua suspensi yang diusungnya ini memang sangat empuk dan pas. Kemudian untuk bagian pengeremannya, Kawasaki KLX 150 BF SE disenjatai dengan pengereman bertipe Single 240 mm petal disc Twin-piston dibagian depannya dan untuk sisi belakangnya, motor ini dibenami dengan Single 190 mm petal disc Single-piston. Kedua jenis pengereman ini juga dilapisi dengan ban yang dimensinya berlainan antara yang didepan dan belakang, yakni 2.75-21 45P dan 4.10-18 59P.

Kawasaki KLX 150 BF SE memang dirancang dengan desain yang lebih keren dan menarik jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Apabila anda melihat sosoknya, tentu akan mampu membedakan perubahannya. Memang, modifikasi yang dilakukan Kawasaki pada motor ini tergolong sangat total, tapi masih ada sedikit bagian yang menggunakan tipe sama. Sebanding dengan harga Motor Kawasaki KLX yang berkisar di angka 30 jutaan, motor ini menawarkan performa yang tangguh dan berkualitas bagi anda para pecinta touring.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button