Kampanye Cara Gampang Safety Riding, Kontrol Emosi Kala Berkendara

Jakarta: Komitmen membentuk pelajar yang peduli safety riding, tentunya banyak cara yang bisa ditempuh. Salah satunya yang dilakukan PT Wahana Makmur Sejati (WMS) selaku perusahaan yang konsisten di program berkendara aman dalam program Safety Riding Promotion (SRP). Mereka kembali mengunjungi Sekolah Menengah Pertama (SMP) akhir pekan lalu di Tangerang.

Tim instruktur Safety Riding dari WMS bekerja sama dengan Dikyasa Polda Metro Jaya memberikan pembekalan safety riding dan peraturan tentang lalu lintas bagi siswa SMP Kanaan. Termasuk menggunakan perlengkapan berkendara yang sesuai standarnya dan cara menjaga perilaku di jalan raya.

“Pada setiap sosialisasi memberikan tema berbeda, kali ini tentang pentingnya mengontrol emosi saat berkendara,” papar Agus Sani, Instruktur Safety Riding Wahana.

Pengendalian emosi merupakan satu hal penting dan paling mendasar yang harus diingat ketika berkendara di jalan raya. Berbagai perilaku pengendara dapat menjadi pemicu timbulnya emosi saat berkendara. Emosi ini dianggap paling berperan penting dengan penentuan sikap berkendara.

“Namanya jalan raya, semua orang boleh menggunakannya. Tetapi tidak semua pengendara memahami aturan lalu lintas dan beretika, mereka itu dapat memunculkan emosi yang tinggi bagi pengendara lain,” tambah Agus.

Tidak jarang karena emosi yang tidak terkendali dapat mengakibatkan kecelakaan. “Kondisi jalan di Ibukota Jakarta ini sering macet, senggolan sedikit saja dapat memicu emosi bahkan kecelakaan,” jelasnya.

Kampanye jaga emosi kala berkendara tentunya harus selalu dipupuk dan terus-menerus ditekankan. Agar di masa mendatang pengguna jalan jadi pengendara yang beretika dan santun. Tidak lupa para instruktur dan kepolisian meminta siswa SMP Kanaan untuk tidak berkendara apabila belum memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi).

UDA

Sumber : metrotvnews.com