Kali Sentiong Bersih Dari Sampah

DUAKALI.COM – Kali Sentiong, Sunter, Jakarta Utara, dipenuhi sampah dua hari yang lalu. Namun kini, lautan sampah tersebut hilang. Berdasarkan pantauan, Sabtu (14/11/2015), Kali Sentiong dibersihkan mulai hari ini. Pembersihan dimulai sejak pagi dan dipimpin seorang mandor bernama Syarif.

Beberapa petugas memasukkan sampah yang diserok dengan alat berat ke dalam truk sampah. Selanjutnya sampah akan dibuang ke tempat yang sudah ditentukan. “Kemarin banyak sampah gara-gara pengerukan di suatu tempat. Jadi sampahnya ngalir ke sini,” ujar Syarif.

Syarif mengatakan, ada 5 truk yang mengangkut sampah di Kali Sentiong. Sampah yang diangkut kebanyakan dari rumah tangga.

Di tempat yang sama, Rahmat, tukang sampah keliling, menduga sampah tersebut berasal dari Bendungan Jago di dekat Kemayoran. Di sana ada warga yang sering buang sampah ke kali. “Malah ada yang buang sampah dari truk ke kali. Itu waktu truk dilarang jalan ke Bantar Gebang,” ucap Rahmat.

Dua hari yang lalu sampah di Kali Sentiong sempat menutup permukaan kali. Namun itu tidak terjadi pada hari ini. “Sekarang lagi proses memasukkan sampah ke truk yang keempat,” kata Rahmat.