Jonatan Christie telah sukses menembus babak semifinal Malaysia Open Super Series Premier 2016. Ia menumbangkan Rajiv Ouseph, Inggris, dengan skor akhir 21-19 dan 21-19. Penilaiannya bahwa ia sukses menyatukan fokus untuk meraih kemenangan biarpun sempat melakukan kesalahan.

Bisa masuk empat besar turnamen level super series premier, ialah pencapaian yang pertama kalinya tuk Jonatan. Apalagi sebelum-sebelumnya, Jonatan harus merangkak dari babak kualifikasi. Dari awal game pertama, perolehan poin Jonatan terus berada di bawah Rajiv, 3-9 dan 6-11. Baru ketika menyentuh angka 14 sama, Jonatan mulai menyalip poin hingga akhirnya menang.

“Disaat itu kondisi anginlah yang sebenarnya hari ini membuat saya kurang nyaman, jadinya saya pun banyak melakukan kesalahan. Tapi saya coba ubah pola pikir, jangan terfokus dengan keadaan yang tidak baik. Jadi saya coba main supaya keluar yang terbaik dari saya,” kata Jonatan usai bertanding.

Masuk ke game duanya, Rajiv di saat itu pun beberapa kali mengungguli Jonatan. Apalagi dengan kesalahan-kesalahan Jonatan, Rajiv makin diuntungkan. Beruntunglah kemudian Jonatan sukses bangkit dan meraihkan kemenangannya.

Jonatan dan Rajiv sebelumnyapun pernah berhadapan satu kali, pada laga di Piala Sudirman. Jonatan pada saat itu kalah 21-17 dan 21-16.

Biarpun sukses menembus semifinal, Hendry Saputra, pelatih tunggal putra, rupa-rupanya menilai penampilan Jonatan masih perlu dipoles. Hingga semifinal ini, Hendry mengakui bahwa Jonatan belum menampilkan performa maksimalnya.